Erabaru.net. Ada banyak pepatah populer di Tiongkok yang didasarkan pada karakter Mandarin untuk harimau, 虎 (diucapkan hǔ).

Ini adalah simbol populer di kalangan non-Tionghoa karena kekuatan hewan yang menjadi simbol aksara tersebut, begitu pula keindahan karakter Tionghoa akan kata itu sendiri.

Ada banyak pepatah populer yang didasarkan pada karakter Tionghoa untuk harimau, 虎 (diucapkan hǔ). (Gambar: Reurinkjan via wikimedia / CC BY 2.0)
Karakter Tionghoa untuk harimau, 虎, diucapkan hǔ. (Gambar: China Gaze)

Dalam kebanyakan budaya, harimau adalah makhluk yang menakjubkan.

Dalam budaya Tionghoa, ada banyak cerita dan pepatah populer tentang harimau.

Berikut adalah beberapa diantaranya:

Harimau yang tersenyum

images12.fotki.com

Jika seseorang dijuluki sebagai harimau yang tersenyum, diyakini bahwa dia licik dan picik, sehingga jika kita berhadapan dengan orang tersebut haruslah waspada ,apalagi terhadap apa yang mungkin mereka lakukan.

Beberapa orang mungkin juga dijuluki sebagai “harimau tersenyum” 笑面虎 (pengucapan pinyin: xiào miàn hǔ), yang berarti mereka memiliki penampilan yang bagus dan selalu mengenakan wajah tersenyum.

Tetapi Anda tidak akan pernah bisa memastikan niat mereka dengan tepat, dan mereka bisa tiba-tiba “menyerang” Anda kapan saja

Harimau dan ular

pinimage.com

Jika seseorang dijuluki sebagai “kepala harimau dan ekor ular” 虎頭蛇尾 (pengucapan pinyin: hǔ tóu shé wěi) dalam bahasa Tiongkok, itu berarti bahwa mereka tidak konsisten dalam melakukan pekerjaan mereka.

Seorang pekerja yang dijuluki “ekor harimau dan ekor ular” berjanji untuk melakukan sesuatu, lalu memulai pekerjaannya, namun ia akan membiarkannya begitu saja, tanpa menyelesaikan apa yang mereka mulai.

Ibaratnya orang yang dijuluki pepatah ini adalah orang yang tak bisa menyelesaikan pekerjaan mereka secara baik dan tuntas

Memasuki gua harimau

tubgit.com

Ada pepatah terkenal lainnya di Tiongkok: “Jika Anda tidak memasuki gua harimau, bagaimana Anda bisa menangkap seekor harimau?” 虎穴 虎穴 焉得 虎子 (pengucapan pinyin: bù rù hǔ xué yān de hǔ zi).

Pepatah tersebut memiliki arti bahwa kita perlu menghadapi ketakutan untuk mencapai sesuatu, dan kita tidak dapat mewujudkan suatu harapan untuk mendapatkan sesuatu tanpa adanya usaha.

Tanda zodiak Tiongkok – harimau

idntimes.com

Menurut zodiak Tiongkok, harimau memiliki martabat tinggi dalam karakter dan penampilan, dan secara alami memiliki sikap kepemimpinan yang otoriter.

Sifat Harimau bisa menjadi seimbang jika disandingkan dengan sifat kelinci karena harimau mewakili keberanian, sedangkan kelinci merupakan kehati-hatian, menyebabkan seseorang menjadi berani dan bijak. (intan/jul)

Sumber: visiontimes.com

 

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular