Erabaru.net. Lensa kontak sangat nyaman. Jika Anda tidak suka memakai kacamata, Anda bisa memilih menggunakan lensa kontak. Bahkan, beberapa lensa kontak lebih mirip ke arah fashion.

Survei terbaru mengklaim bahwa setengah dari orang-orang yang menggunakan lensa kontak, jarang mengikuti petunjuk keselamatan yang disarankan spesialis mata.

Ini sebenarnya meningkatkan masalah pada mata dan risiko lainnya pada pengguna lensa kontak.


Padahal,tidur dengan memakai lensa kontak bisa berbahaya, tapi mereka mengabaikannya. Ada beberapa risiko kesehatan jika Anda mengabaikan tindakan keselamatan semacam itu.

Mata merah. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada mata dan mata Anda menjadi merah jika Anda tidur tanpa melepaskan lensa kontak. Bisa juga menyakiti mata Anda dan bisa menyebabkan kepekaan pada mata.

Ulkus mata. Ulkus kornea akan sangat meningkat jika Anda tidur dengan lensa. Hal ini karena lensa bisa menggores permukaan mata Anda saat Anda tidur dengan lensa.

Oksigen. Lensa kontak bisa menghilangkan suplai oksigen ke mata Anda saat Anda tidur tanpa melepasnya. Seperti organ lainnya, bahkan mata Anda pun membutuhkan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

Benjolan kecil. Lensa kontak bisa menyebabkan benjolan kecil di permukaan. Lensa mungkin tidak sesuai dengan baik karenanya.

Kebutaan. Pada kasus yang jarang terjadi, tidur dengan lensa kontak juga bisa menyebabkan kebutaan. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus ingat untuk melepas lensa sebelum tertidur.

Peradangan. Jika Anda terbiasa tidur dengan lensa kontak setiap hari, bisa menyebabkan radang di mata. Jika neo-vaskularisasi terjadi di dalam kornea, memakai lensa lagi tidak mungkin dilakukan.

Infeksi. Tidur dengan lensa kontak juga dapat menyebabkan infeksi. Bila permukaan lensa menyebabkan luka mikroskopik pada mata saat tidur, bakteri dapat memperburuk infeksi lebih lanjut.

Dalam jangka panjang, situasi seperti itu bisa menyebabkan masalah mata.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular