- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Bencana Dahsyat dalam Sejarah Portugal, Foto Suasana Bencana Kebakaran Hutan Menjadi Viral , Netizen: “Petugas Pemadam Kebakaran Benar-benar Hebat”

Erabaru.net. Selama dua hari berturut dari 17-18 Juni, bencana kebakaran terdahsyat dalam sejarah modern melanda Portugal.

Kobaran api melalap hutan di kawasan Pedrogao Grande, Portugal, sejak Sabtu (17/6/2017) lalu.

Musibah itu menewaskan setidaknya 64 orang dan 135 orang terluka.

Lebih dari 1,700 petugas pemadam berusaha memadamkan lautan api yang berkobar.

Foto yang diunggah di internet menunjukkan kelelahan mereka saat menjinakkan amukan si jago merah.

[1]
Lokasi bencana kebakaran hutan dahsyat di Portugal, 13 petugas pemadam kebakaran yang kelelahan akhirnya bisa berbaring untuk beristirahat sejenak di rerumputan. (Pedro Brás/Facebook)

Korban tewas dan luka-luka dalam kebakaran hutan di Pedrograo Grande ini sebagian besar karena terperangkap di mobilnya.

Beberapa desa lain juga terdampak, sehingga penduduknya harus dievakuasi. Beberapa korban ditemukan di rumah mereka di kawasan terpencil.

Tapi sebagian besar ditemukan di jalanan, terperangkap dalam mobil mereka oleh api.

Jika tidak ada upaya keras dari pasukan pemadam kebakaran, diperkirakan korban tewas akan jauh lebih parah.

[2]
Hutan yang dilalap api di daerah Vale de Cambra yang berjarak 30 kilometer dari Pedrogao (20/6/2017).

Pedro Bras, salah satu petugas pemadam kebakaran mengunggah dua foto suasana kebakaran hutan ke akun facebooknya.

Dari foto itu tampak 13 petugas pemadam kebakaran yang akhirnya bisa berbaring di atas rerumputan untuk istirahat sejenak.

Tidak perlu kata-kata, bagi orang-orang yang mengerti dari foto yang senyap itu, dapat memahami mengapa foto itu menimbulkan gejolak yang dahsyat di dunia maya.

“Setelah bekerja keras sepanjang hari dan malam, kami istirahat sejenak, dan setelah 25 menit istirahat di tepi sungai, kamu dapat melihat asap dan debu yang masih tebal di udara,” tulis Pedro Bras di akunnya.

Beberapa waktu lalu, Perdana Menteri Portugal Antonio Costa menyatakan rasa hormat dan terima kasihnya kepada para petugas pemadam kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran telah mengupayakan segala kemampuannya, beberapa dari mereka ada yang luka serius.

[3]
20 Juni 2017, tampak petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan sisa-sisa kebakaran di Vale de Cambra, Portugal.

Foto itu menarik perhatian netizen dunia setelah diberitakan media.

Para netizen yang terharu silih berganti memberi rasa hormat kepada para petugas yang dengan gagah berani dihadapan bencana.

“Setelah Kebakaran Besar di London, apa yang terjadi di Portugal juga menunjukkan bahwa orang-orang ini (petugas pemadam kebakaran) benar-benar mengagumkan, tulis salah satu netizen. Terima besar Ya Tuhan, mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi keselamatan orang lain. Tuhan bersama kalian,” tulisnya. (jhony/rp)

Sumber: Beautieslife