Erabaru.net. Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Husein Obama ‘mudik’ ke Indonesia dengan mendatangi sejumlah Kota yakni Bali, Yogyakarta dan Jakarta. Obma pertama kali tiba di Bali, Jumat 23 Juni 2017.

Obama sekeluarga tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali dengan menggunakan pesawat jet carter Gulfstream G-V N5OJE.

Pesawat yang dinaiki Obama ini sebelumnya berangkat dari Guam yang terletak di Samudera Pasifik.

Obama tiba ke Bali, bersamaan masyarakat Indonesia bersama-sama mudik ke daerah masing-masing saat tiba perayaan Idul Fitri. Obama berada di Bali selama 23-28 Juni 2017.

Obama di area Subak di Bali (Foto : Istimewa)

Pada Minggu 25 Juni, pria 55 tahun ini jalan-jalan ke area persawahan di kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Jatiluwuh. Kawasan subak ini yang merupakan warisan budaya UNESCO pada 2012 lalu.

Selama 1,5 jam, Obama dan sekeluarga dengan pengamanan ketat melakukan trekking untuk menelusuri kawasan ini. Area persawahan dengan segala keindahannya dinikmati oleh Obama sekeluarga.

Pada Senin 26 Juni 2017, Obama dan sekeluarga mencoba olahraga ekstrem dengan mengarungi arum jeram di Desa Rafting Bongkasa, Bali. Lokasi ini memang tak terlalu jauh dengan Hotel Four Seasons, Sayan, Ubud.

Obama bermain Arum Jeram (Foto : Istimewa)

Obama saat berada di Agung Rai Museum of Art (ARMA) disuguhkan hidangan khas jajanan Bali. Pada saat itu ternyata Obama juga sempat meminum air kelapa.

Foto : AFP/STR Source :AFP

Saat di Bali diketahui pura yang dikunjungi berada di desa Tampaksiring, yaitu Pura Tirta Empul dan Pura Gunung Kawi.

Nah, saat di Puri Gunung Kawi, Obama berbelanja souvenir. Berdasarkan pengakuan pemilik toko Souvernir yang dikunjungi Obama kepada wartawan mengatakan Obama membeli gelang berbahan kayu seluruhnya Rp 290.000.

Tak hanya di Bali, Obama selanjutnya berada di Yogyakarta dan Jawa Tengah selama 28-30 Juni 2017.

Di Yogyakarta, Obama mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan yang keduanya terletak di Yogyakarta. Obama selanjutnya bertandang ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Makan siang bersama dengan Presiden Joko Widodo merupakan agenda selanjutnya Obama di Istana Negara, Bogor, Jawa Barat, Jumat 30 Juni 2017.

Agenda lainnya pada 1 Juli 2017, Obama dinobatkan akan memberikan pidato secara terbatas terhadap tamu undangan terpilih dan peserta 4th Congress of Indonesian Diaspora di Jakarta. (asr)

Share

Video Popular