Erabaru.net. Bayi yang baru lahir apakah perlu mandi setiap hari? Dokter anak Taiwan memberitahu Anda cara perawatan kesehatan bayi, untuk menghindari kerusakan pada kulit rapuh dari bayi yang baru lahir.

Dokter ini merekomendasikan bayi setiap kali buang air besar dengan air dan spon mandi mencuci pantatnya sudah cukup.

Yang Wie Jie mengatakan, bayi yang baru lahir kulitnya sangat lembut, rentan terluka. Sering bersihkan dapat menyebabkan kulit rusak, perdarahan.

Fitur utama kulit termasuk kelembaban kulit akan hilang, mencegah terserang bakteri dunia luar, iritasi, alergen masuk ke dalam tubuh. Jika lapisan ini rusak, daya tahan tubuh akan memburuk.

Bayi baru lahir aktivitasnya sangat kecil, kata Yang Wie Jie, mandi setiap hari kadang-kadang hanya akan menyebabkan pembersihan yang berlebihan, merusak fungsi penghalang kulit, mengurangi daya tahan kulit.

Menurut American Pediatric Society merekomendasikan bahwa, bayi setelah lahir dua minggu, sebelum tali pusat lepas, jika setiap hari buang air besar hanya perlu mencuci pantat atau dengan cara membersihkan dengan spons mandi.

Yang Wie Jie mengatakan setelah anaknya lahir dua minggu, hanya mandi satu kali, selain itu hanya mencuci pantat sisanya dikombinasikan melap dengan kain basah.

Dia merekomendasikan anak-anak yang baru lahir dalam waktu dua minggu, “setiap kali buang air besar dengan air bersih ditambah spons mandi mencuci pantatnya”itu sudah cukup.

Beberapa orang tua mungkin akan bertanya, bagaimana jika bayi berkeringat? Yang Wie Jie mengatakan, “Jangan biarkan bayi keringat,” anaknya lahir di musim gugur, hanya memakai popok, ditambah selimut di malam hari.

Putrinya lahir pada akhir musim panas, juga hanya mengenakan popok, hampir tidak pakai celana, pada malam dibungkus dengan selimut karena pakai AC.

Sedangkan bayi yang lahir setelah lewat dua minggu, Yang Wie Jie menilai, atas rekomendasi dari American Pediatric Society, balita berumur dibawah 1 tahun, satu minggu mandi tiga kali sudah cukup.

Karena kulit anak akan terus berkembang setelah lahir, setelah 1 tahun relatif akan menjadi stabil.

Namun, musim panas Taiwan sangat panas, jika anak mudah berkeringat, perlu mandi setiap hari, jika menggunakan sabun harus menyiram sampai bersih jangan tertinggal pada kulit.

Yang Wie Jie mengatakan dengan kulit bayi mudah kehilangan kelembaban, segera setelah mandi suhu tubuh akan tinggi, uap air dapat dengan mudah menguap.

Setelah mandi kulit biasanya akan menjadi lebih kering. Setelah mandi sebaiknya mengoleskan lotion pada seluruh tubuh, mengurangi hilangnya kelembaban.(Christina/asr)

Sumber : Epochtimes

Share

Video Popular