Erabaru.net. Membersihkan debu mungkin salah satu tugas paling tidak kita sukai, karena menyita waktu dan tenaga kita.

Debu-debu banyak menempel, mulai di meja, kursi, lantai dan tempat-tempat terlihat hingga ke sela-sela kecil yang tak terlihat seperti dalam laci dan pojokan ruangan.

Itupun juga terkadang kita tak bisa menghilangkan debu hanya dalam sekali, tetapi harus dilakukan berulang-ulang hingga bersih. Setelah bersih… tak menjamin debu akan menghilang dan tak kembali lagi…

Namun demikian, seorang ibu rumah tangga ini memberikan tips-tips yang berguna untuk membantu mempercepat pembersihan debu di rumah Anda.

Penasaran? Berikut adalah beberapa tips yang akan membuat tugas membersihkan debu Anda menjadi lebih cepat dan mudah bagi Anda.

Botol remas

Apakah Anda perlu mengeluarkan debu dan kotoran dari celah kecil? Gunakan botol kosong yang sudah diremas sebelumnya untuk meniupkan udara ke dalam ruang kecil seperti sudut bingkai foto untuk menghilangkan debu.

(Foto : Amazon)

Ujung pel atau sapu dan kaus kaki

Gunakan ujung pel atau sapu Anda dan masukkan kaus kaki besar yang ada di dalamnya. Anda bisa menggunakan alat ini ke sudut langit-langit, bingkai pintu dan jendela rumah Anda.

(foto : Nepats81)

Kertas pengering

Kertas pengering juga bisa membersihkan debu yang tebal karena kertas ini dirancang untuk menarik debu dan akan mencegah debu menempel kembali lebih lama.

(Foto: Good Housekeeping)

Membersihkan debu di tirai

Semprotkan beberapa semprotan pembersih debu pada kaus kaki, dan jika perlu masukkan tangan Anda ke dalam kaos kaki untuk menyeka debu di masing-masing bilah tirai Anda.

(Foto: Samantha Okazaki)

Mencegah menyedot barang berharga

Tempet potongan pantyhose di atas sikat, lalu letakkan sikat itu pada alat vakum cleaner Anda.

Sekarang Anda bisa membersihkan area tanpa harus menyedot barang-barang Anda yang berharga.

Jika Anda kehilangan anting, maka antingnya akan terperangkap dalam kain pantyhose.

Anda bisa saja mencuci selangnya di tempat cuci untuk menyingkirkan semua debu saat Anda selesai membersihkan debu dengan vakum cleaner.

(Foto : Apartment Therapy)

Tisu bayi

Jika Anda memiliki tisu bayi yang sudah kering, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan debu. Tisu bayi dapat bekerja secara sempurna untuk membersihkan area yang lembut seperti keyboard komputer atau laptop.

Dinding

Kain pel kering, seperti Swifter, dengan membuat kepala pel menjadi horizontal, adalah cara termudah untuk membersihkan debu di dinding, terutama dinding bagian atas.

Jika Anda tidak memiliki Swifter, namun memiliki pengepel basah yang bagian atasnya datar, Anda masih bisa menggunakannya.

Cukup keringkan kain pel dan masukkan kaus kaki di atasnya. Usap dinding Anda dengan pola “W”.

Kain microfiber

Kain microfiber yang terbuat dari serat kain dirancang agar debu tetap menempel secara elektrostatis sehingga pekerjaan membersihkan debu jauh lebih mudah.

Tidak seperti handuk kertas, kain ini tidak akan meninggalkan serat apa pun dan akan menghapus debu yang menempel pada benda yang dilap kain microfiber.

(Foto: Dust-Off)

Menghilangkan debu di tempelan statis

Apakah Anda pernah memperhatikan layar TV atau permukaan plastik di layar TV Anda selalu dipenuhi debu, bahkan setelah Anda membersihkannya?

Cara untuk menghapus debu di permukaan tempelan statis pada layar TV ataupun monitor Anda adalah dengan membasahi kain lap debu Anda dengan beberapa pelembut kain dan hapuslah debu di sekitar permukaan plastik tempelan statis tersebut.

Anda juga bisa mencampur pelembut kain dengan air dan memasukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan campuran ini ke kaca dan permukaan tempelan statis lainnya, lalu keringkan dengan kain kering.

(Foto: The Krazy Coupon Lady)

Menghilangkan debu pada ventilasi / kipas angin

Jangan bunuh dirimu sendiri dengan mencoba menyeka debu pada ventilasi atau kipas angin. Ambil alat vakum cleaner Anda, lalu tempelkan di tiap sudut ventilasi dan kipas angin yang penuh dengan debu itu.

(Foto : Todays Homeowner)

Tusuk gigi

Anda juga bisa menggunakan tusuk gigi yang dicelupkan dalam alkohol untuk mengeluarkan debu dari tempat yang memiliki bintik-bintik super kecil.

(Foto : Snapguide)

Pantyhose

Kain Pantyhose sangat bagus untuk membersihkan debu karena debu dapat menempel dengan tepat.

Anda bisa meletakkan beberapa pantyhose di atas tongkat dan mengencangkannya dengan karet gelang.

Gunakan tongkat ini untuk membersihkan debu-debu di tempat-tempat yang kurang terjangkau dan gelap, seerti di bawah sofa atau lemari es.

(Foto : Instructables)

Kuas cat

Anda bisa menggunakan kuas cat untuk membersihkan kaca jendela dan benda pecah belah lainnya seperti lampu gantung atau pernak-pernik kaca Anda.

(Foto : wikiHow)

Menyapu dari atas ke bawah

Ketika dibersihkan, debu-debu akan jatuh kebawah. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa pola saat membersihkan debu adalah dengan menyapu atau mengelap dari atas ke bawah.

Selain itu, letakkan kain atau kertas koran bekas untuk mencegah debu mengotori kembali tempat-tempat yang telah Anda bersihkan.

(Foto : eBay)

Sarung bantal

Anda bisa meletakkan sarung bantal di atas sebuah tongkat untuk menghapus debu di langit-langit rumah Anda tanpa membuat debu terbang ke mana-mana. Debu akan masuk ke dalam sarung bantal yang bisa bersihkan saat mencucinya.

(Foto: Quick and Dirty Tips)

Membersihkan debu dalam bola lampu dengan alkohol

(Foto : The Krazy Coupon Lady)

Bersihkan debu dalam bola lampu Anda dengan kain yang dibasahi sedikit alkohol. Ini akan mencegah debu kembali dan akan memungkinkan lebih banyak pijaran cahaya dari bohlam Anda.

Jangan lupa share buat teman dan saudara Anda. (intan/yant)

Sumber: shareably.net

Share

Video Popular