Erabaru.net. Sekitar 18 Mei lalu, terjadi kebakaran di perkampungan pertambangan di Benguet, Phiilipina. Sewaktu kejadian, dua kakak beradik ini sedang tidur nyenyak di dalam kamar mereka dan tidak menyedari ada kebakaran tersebut.

Wilbur Santos, 14 tahun dan adiknya Kurt Santos, 12 tahun hanya bersedirian di rumah , sementara anggota rumah yang lain sedang bekerja atau sedang liburan, menurut laporan Sun Star.

(Foto: ABS-CBN News)

Api tersebut semakin berkobar dan hampir meragut nyawa keduanya. Akan tetapi, anjing peliharaan mereka yang diberi nama Miztah mencakar-cakar pintu kamar dan menyalak sangat keras untuk membangunkan tuannya yang sedang tidur nyeyak.

“Miztah menyalak tidak henti-henti. Ketika saya membuka pintu, terlihat api berkobar dengan sangat cepat,” kata Wilbur.

Setelah dia terbangun dari tidur, asap tebal sudah memenuhi rumah tersebut. Dengan segera Wilbur membangunkan adiknya dan keluar menyelamatkan diri dari kobaran api.

“Saya sangat cemas ketika mendapat panggilan telepon di tempat kerja dan diberitahu bahawa rumah saya terbakar. Saya terus teringatkan anak-anak saya yang sedang tidur ketika saya keluar rumah.Jantung saya berdegup kencang dan saya sangat khawatir akan keselamatan mereka,” kata bapa mereka, Lander Santos, 36, yang amat terkejut setelah mendapat kabar tersebut.

Sementara menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran, tetangga berusaha memadamkan api dengan menyiram air menggunakan ember.

Setelah dua jam berlalu, kebakaran tersebut berhasil dipadamkan, namun rumah mereka telah habis terbakar dan tidak berhasil diselamatkan.

“Tak ada yang bisa diselamatkan termasuk barang milik teman serumah yang lain. Tapi apa yang penting adalah nyawa kedua anak saya. Syukur kepada Tuhan dan anjing pahlawan kami, Miztah ,” ujar Lander Santos.

(Foto: ABS-CBN News)

Penyelidikan lebih lanjut menemukan penyebab kebakaran tersebut disebabkan oleh arus pendek listrik pada salah satu kabel listrik di rumah tersebut. Keluarga ini beruntung karena tidak ada korban jiwa.

Miztah yang mengalami sedikit luka bakar telah berhasil menjadi pahlawan bagi kedua kakak beradik tersebut. Jika bukan karena Miztah, mereka mungkin tewas di dalam kebakaran tersebut. (yant)

Sumber: erabaru.my

Share

Video Popular