Erabaru.net. Semua cara kejam yang dilakukan penyelundup satwa liar untuk mengangkut kargo ilegal mereka, ini adalah contoh lain yang memilukan.

Warga Tiongkok, Kuwait, dan Prancis ditahan karena berusaha menyelundupkan burung kakatua liar ke dalam botol plastik dari Indonesia pada bulan Mei 2015 lalu.

Tidak diketahui kapan penyelundup berniat membawa burung tersebut.

Burung-burung ini ini memang banyak dicari orang-orang. Mereka rela merogoh kocek hingga £ 650 ($ 838) di pasar gelap hanya untuk seekor burung kakatua yang hampir puncah ini.

Menurut Daftar Spesies Terancam IUCN, “Spesies burung kakatua ini telah menderita (dan mungkin terus menderita), sehingga menyebabkan penurunan populasi yang sangat cepat, karena penangkapan yang tidak berkelanjutan untuk perdagangan burung secara ilegal.”

“Oleh karena itu, burung kakatua spesies ini telah memenuhi syarat sebagai Hewan Yang Terancam Punah.”

Burung-burung yang malang ini dimasukkan ke dalam botol plastik kecil. Penyelundupan seperti ini merupakan metode umum yang sering digunakan oleh para penyelundup ilegal.

Bayangkan, betapa menyiksanya burung-burung kakatua yang merasa tercekik akibat diletakkan di ruangan yang sempit dan minim udara.

Share

Video Popular