Erabaru.net. BMKG melaporkan telah terjadi gempabumi dengan kekuatan 5,5 SR berpusat di darat dengan kedalaman 10 km pada Jumat (14/7/2017) pukul 08.25 Wib. Pusat gempa berada di 9 km Baratdaya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

Laporan BMKG menyebutkan gempa tidak berpotensi tsunami. Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke BPBD dan beberapa instansi terkait di daerah.

Laporan menyebutkan, dampak gempa dirasakan di Kabupaten Padang Sidempuan dilaporkan gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Atap rumah bergetar cukup keras. Akibatnya, perabotan rumah berbunyi dan bergoyang.


Gempa juga terasa di Kabupaten Padang Lawas gempa dirasakan sedang selama 20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah, Kabupaten Padang Lawas Utara gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Rumah terasa bergoyang dan masyarakat panik berhamburan keluar rumah.

Tempat lainnya dirasakan di Kabupaten Tananuli Selatan gempa dirasakan kuat selama 15-20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.

Kerusakan gempa di Padang Sidempuan (Foto : BNPB)

Gempa juga dirasakan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau gempa dirasakan sedang selama 10 detik. Sementara di Kota Medan, gempa tidak dirasakan.

Berdasarkan peta gempa dirasakan, intensitas gempa di pusat gempa sekitar V -VI MMI (sedang hingga kuat) dengan sebaran tidak luas. Di Aekgodang IV MMI (ringan).

Laporan sementara dampak gempa telah menyebabkan 60 unit rumah rusak. Daerah yang terdampak dan mengalami kerusakan adalah Kota Padangsidempuan dan Kab. Tapanuli Selatan.

Gempa itu menyebabkan satu warga di desa Sitaratoit, Tapsel menyebabkan 1 Orang luka-luka. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sedang melakukan monitoring dan pendataan. (asr)

Share

Video Popular