Erabaru.net. Lebih dari 22.000 orang setuju untuk membersihkan toilet portabel untuk anak-anak, merawat kucing dan anjing liar, dan membersihkan sampah permen karet dari balik kursi dan fasilits umum, demi mendapatkan akses Wi-Fi gratis.

Penyedia Wi-Fi Inggris, Purple, memutuskan untuk melakukan percobaan terhadap masyarakat, setelah menyoroti isu kurangnya kesadaran warga akan kebersihan dan kepedulian lingkungan.

Purple membuat pengumuman untuk mengajak masyarakat melakukan pelayanan masyarakat, lalu akan dihadiahi akses Wi-Fi gratis.

Pengumuman tersebut berisi :

“Atas kebijaksanaan Purple, pengguna mungkin diminta, untuk melakukan 1.000 jam pelayanan masyarakat. Tindakan pelayanan masyarakat yang diminta adalah sebagai berikut:

Pembersihan taman lokal dari kotoran hewan
Menyediakan perawatan untuk kucing dan anjing liar atau tersesat
Mengurangi penyumbatan saluran pembuangan secara manual
Membersihkan toilet portabel di festival dan acara lokal
Melukis kerang bekicot untuk mencerahkan keberadaan mereka
Membersihkan permen karet dari balik bangku atau jalanan umum. ”

Hanya satu individu yang berhasil memenuhi permintaan tersebut, atau hanya 0,000045 persen dari semua pengguna Wi-Fi yang mendaftar.

CEO Purple, Gavin Wheeldon mengatakan dalam sebuah pernyataan :

“Pengguna WiFi perlu membaca persyaratan saat mereka hendak mengakses jaringan. Apa yang mereka akses, berapa banyak data yang mereka bagi, dan lisensi apa yang mereka berikan kepada penyedia layanan?”

“Percobaan kami menunjukkan bahwa terlalu mudah untuk mengetes reaksi masyarakat terhadap sesuatu yang mereka anggap sebagai tindakan yang tidak adil.”

Untungnya, perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk meminta mereka yang mendaftar untuk “membayar hutang-hutang masyarakat.”

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular