Erabaru.net. Kopi pasir Turki sangat mirip dengan kopi Turki pada umumnya. Namun, yang membedakan terletak pada proses pembuatan.

Saat pembuatan kopi pasir menggunakan pasir yang sangat panas untuk memasak atau menyeduh kopi, karena pasir panas diyakini dapat menawarkan pemanasan yang lebih konsisten.

Kopi pasir Turki membutuhkan banyak alat yang sama yang dibutuhkan kopi biasa Turki, yaitu ibrik (alat untuk menyeduh kopi khas turki) berukuran kecil dengan dasar yang lebar, mulut yang sempit, pegangan yang panjang.

Satu atau dua corong untuk digunakan dalam menuangkan kopi, dan sendok logam dibutuhkan untuk mengaduk, tak perlu menyiapkan saringan.

Perbedaan besar antara kopi Turki biasa dan kopi pasir Turki, adalah bahwa kopi pasir Turki menggunakan pasir panas untuk memanaskan kopi.

Pasir bisa dipanaskan dengan menggunakan metode apa pun, asalkan panasnya konsisten. Setelah diisi dengan air dan bubuk kopi, letakkan ibrik ke dalam pasir panas sedalam beberapa cm.

Bahan pembuatan kopi Turki sama dengan kopi pasir Turki: air berkualitas tinggi, biji kopi berkualitas tinggi, gula dan rempah-rempah (jika diinginkan).

Share

Video Popular