Erabaru.net. Akan ada banyak waktu ketika kita mempertimbangkan makan telur untuk sarapan pagi. Selain murah, juga sangat praktis dan mudah untuk mempersiapkannya.

Makan telur adalah cara termudah untuk meningkatkan asupan protein. Namun, ada kekhawatiran jika sering mengonsumsinya akan menyebabkan masalah pada jantung.

Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Selama Anda sehat, Anda bebas makan telur tanpa merasa bersalah.

Sebutir telur yang besar mengandung 70 kalori dan sumber protein yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dan memberi struktur pada tubuh.

Telur mengandung asam amino esensial dan kaya zat besi.

Tubuh memproduksi 11 asam amino esensial yang diperlukan supaya tubuh berfungsi dengan benar, dan telur mengandung lebih dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Setelah tahu manfaat kesehatan dari terlur, lalu apa yang terjadi bila Anda makan sebutir telur untuk sarapan pagi?

Memberi rasa kenyang lebih lama: Bila Anda makan telur untuk sarapan sebagai pengganti roti atau sereal, maka protein dan lemak yang terkandung di dalam telur akan menjaga energi Anda tetap tingggi dan merasa kenyang lebih lama.

Sumber protein: Telur utuh adalah sumber protein terlengkap, serta mengandung semua asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk tubuh setiap hari.

Menurunkan berat badan: Telur memberi rasa kenyang, sehingga Anda terhindar untuk makan secara berlebihan dan mengonsumsi kalori yang lebih rendah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Selenium adalah nutrisi yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon tiroid.

Telur kaya akan selenium, dengan makan sebutir atau dua butir telur saat sarapan akan membantu Anda melawan infeksi dan membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat.

Melindungi otak: Telur mengandung kolin yang membantu perkembangan otak.

Penelitian membuktikan bila kekurangan selenium akan menyebabkan gangguan sistem saraf dan menurunkan fungsi kognitif, sehingga berisiko demensia dan penyakir Alzheimer.

Meredakan stres dan kecemasan: 9 asam amino yang terkandung di dalam telur akan meningkatkan kesehatan mental dan mengatur pengeluaran serotonin yang merupakan neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk relaksasi, ketenangan dan suasana hati yang baik.

Kekurangan 9 asam amino ini akan mempengaruhi kesehatan mental.

Ketika Anda makan telur saat sarapan, Anda akan memulai hari dengan ketenangan hati, santai dan jauh dari stres dan kecemasan.

Mengatur kadar kolesterol: Sebutir telur mengandung 200 miligram kolesterol baik yang memenuhi kebutuhan tubuh, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik .

Makan telur saat sarapan membuat Anda memulai hari dengan kadar kolesterol yang diatur dengan baik.

Memelihara ketajaman penglihatan: Telur mengandung dua antioksidan yaitu leutin dan zaexantin yang melindungi mata dari kerusakan akibat terpapar ultraviolet.

Kedua antioksidan tersebut memelihara retina sehingga menurunkan risiko terjadinya katarak di usia tua.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut: Vitamin B-kompleks sangat diperlukan untuk kesehatan kulit, rambut, mata dan hati.

Telur mengandung vitamin B-kompleks yang disebut biotin. Biotin membantu tubuh memetabolis lemak dan karbohidrat menjadi energi, serta meningkatkan kesehatan rambut, kuku dan kulit.

Memperkuat tulang dan gigi: Telur adalah salah satu sumber vitamin D alami, yang sangat penting untuk kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi.

Vitamin D juga memicu penyerapan kalsium, yang penting untuk metabolisme, pencernaan dan kesehatan jantung.

Menurunkan risiko kanker: Kolin membantu fungsi hati sehingga menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Ingatlah bahwa kolin terkandung di dalam kuning telur, bukannya terkandung di dalam putih telur, sehingga Anda makan kuning telur tanpa merasa khawatir!(vivi/yant)

Sumber: boldsky

 

Share

Video Popular