Erabaru.net. Anda mungkin tidak akan pernah bermimpi bisa berjalan-jalan di jalanan Oaxaca, yang akan membawa Anda ke Surga Cokelat.

Saat Anda pergi ke Meksiko dan sedang berjalan melewati Calle Mina, Anda akan mendapati diri Anda berhenti dan mengendus udara sejenak.

Langkah Anda seolah tidak bisa bergerak, berbalik arah, dan menelusuri sumber aroma tersebut.

Di tengah hiruk pikuk kota Meksiko, ternyata ada sebuah kota sederhana yang menjadi jantung industri pembuatan cokelat di Meksiko.

Coklat di jalanan Oaxaca, Meksiko (Screenshoot Youtube)

Anda tidak akan menemukan pabrik panganan di sini.

Sebagai gantinya, Anda akan menemukan toko coklat kuno di sepanjang kedua sisi jalan, aroma cokelat yang memenuhi jalanan dan para pembelanja cokelat menampakkah wajah bahagia saat keluar dari setiap pintu toko.

Anda tidak dapat menghentikan diri Anda untuk bergabung dengan penduduk setempat dan berbaur dengan mereka, menyaksikan biji kakao digiling untuk membuat cokelat cair yang mengalir dari mesin dan ke baskom yang mengilap.

Coklat di Oaxaca, Meksiko (Screenshoot Youtube)

Jika sudah sampai disana, jangan lupa mengunjungi satu toko dan toko cokelat lain, membeli cokelat mereka.

Semua jenis coklat bisa Anda temukan disini, seperti cokelat batangan, saus cokelat, susu cokelat, dan aneka cokelat lainnya.

Selain itu, aroma cokelat, hiruk pikuk para pembuat coklat dan desahan pecinta coklat bisa Anda temukan juga di setiap sudut kota Oaxacan.

Jika Anda lelah berjalan-jalan Anda bisa mengunjungi kafe sederhana di halaman pabrik cokelat Le Soledad dan memesan ‘coklat panas Argentina’.

Anda bisa melihat hiruk pikuk para pembuat coklat sambil mengaduk susu cokelat panas Anda. Jika Anda tidak mau pergi, ada hotel cokelat dengan harga terjangkau di atas halaman.

http://ultimatehotchocolate.com

Memang hotel itu tidak ada yang ada dalam buku panduan perjalanan ke Meksiko. Namun, semua itu benar-benar menyenangkan.

Oaxaca sebenarnya adalah penghasil dan pengekspor kopi yang utama di Meksiko, namun minuman yang lebih menonjol disini adalah coklat.

Oaxaca adalah salah satu negara bagian Meksiko yang memproduksi kakao, bersama dengan Veracruz, Tabasco, Chiapas, Morelos, Guerrero dan Michoacán.

(http://ultimatehotchocolate.com)

Kakao dan coklat telah digunakan di negara bagian ini sebagai bahan makanan, minuman dan obat-obatan. Dulu biji kakao disajikan sebagai bentuk uang.

Di pusat kota Oaxaca, berbagai bisnis menggiling dan menyiapkan kakao untuk minuman coklat panas banyak ditemukan.

Salah satu perusahaan yang paling dikenal dari bisnis ini adalah El Mayordomo. Di dalamnya, ada pabrik besar menggiling biji kakao yang kemudian dicampur dengan gula dan perasa lainnya seperti almond dan kayu manis.

Sebagian besar kakao diproses untuk diminum. Cokelat panas disiapkan dengan campuran coklat dengan air atau susu yang dipanaskan dalam panci atau teko.

Sebelum disajikan, buih yang dibuat dengan alat khusus diputar cepat dengan menggosok pegangan di antara telapak tangan. Minuman kakao yang dihasilkan dengan buih diberi nama Pozonque.

(intan/asr)

Sumber : NTD TV

Share

Video Popular