Erabaru.net. Saat dia berusia 2 tahun, remaja ini didiagnosis dengan kondisi yang jarang sekali terjadi di mana ototnya perlahan menjadi tulang.

Penyakit yang tidak dapat disembuhkan itu bagaimana pun tidak berhasil mengalahkan atau mengurungnya untuk menjalani kehidupan yang baik.

“Saya mungkin tidak banyak menggerakkan sendi saya,” kata Luciana Wulkan, 18, yang mengalami kondisi yang jarang terjadi dan perlahan-lahan mengubahnya menjadi patung manusia.

AmazingWorldNews

Wulkan didiagnosis dengan fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP) yang juga dikenal sebagai sindrom manusia batu, yaitu kondisi yang tidak dapat disembuhkan yang membuat otot dan tendon pasien menjadi tulang dan melemahkan kesehatan serta membatasi gerakan bagi pengidapnya.

AmazingWorldNews

Kondisi ini terjadi secara perlahan sehingga otot dan jaringan lunak seperti berubah menjadi tulang,” kata Wulkan dari Bolton, Inggris. “Ini akhirnya membuat seseorang memiliki gerakan yang sangat terbatas.”

Barcroft TV

Meskipun mengalami kondisi fisik yang sangat parah dan melemahkan, Wulkan tidak akan membiarkan semangatnya dikalahkan oleh penyakit itu.

“Saya tidak akan membiarkan sakit ini mengontrol hidup saya,” katanya.

Ketika dilahirkan, lehernya kaku sementara rahangnya seakan terkunci. Sementara otot pada pergelangan tangannya hanya tinggal tulang.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular