Erabaru.net. Suatu ketika kesunyian malam, saat semua orang tertidur lelap, seorang anak laki-laki ternyata harus mengalami sebuah tragedi.

Namun, beruntungnya ada “seseorang” di rumahnya yang menyadari bahaya tersebut dan langsung menghampirinya, untuk memastikan keadaan anak itu.

Luke adalah anak laki-laki berusia 7 tahun yang menderita diabetes tipe 1, penyakit yang menyebabkan kadar gula darahnya sering tidak stabil.

Suatu malam, kadar gula darah Luke mulai turun sangat rendah.

Ibunya, Dorrie Nuttall, tidak memeriksanya, dan tidak menyadari situasi mengerikan yang dialami anaknya.

Syukurlah, teman anjing Luke datang untuk menyelamatkannya, sambil terus mengingatkan alarmnya.

Kredit: Facebook | Saving Luke

“Jedi” adalah anjing labrador hitam milik Luke, namun ia bukan hewan peliharaan biasa.

Saat usianya baru 11 minggu, Jedi mulai berlatih menjadi seekor anjing peringatan diabetes (DAD).

Kini, sekitar lima tahun kemudian, dia memiliki kemampuan untuk mendeteksi perubahan kimia dalam kadar gula darah seseorang, mengendus tanda peringatan agar korban penderita diabetes tetap aman.

Jedi ketika dia ke tempat Dorrie dan Luke tidur, dia menyadari bahwa kadar gula darah Luke turun drastis, lalu dia berusaha membangunkan Dorrie sampai dia terbangun.

Setelah memeriksa kadar gula darah anaknya, Dorrie merasa sangat terkejut, karena kadar gula darahnya hanya 57 mg/dl!

Kredit: Facebook | Saving Luke

Dalam sebuah posting Facebook yang sejak mengumpulkan penerimaan yang signifikan, Dorrie menyatakan, “Luke berbaring tepat di sampingku, hanya beberapa sentimeter dariku, namun aku tak menyadari apa yang terjadi pada Luke karena tertidur.”

“Tanpa pemberitahuan dari Jedi, aku pasti tidak tahu bahwa uondisi anakku memburuk,” lanjutnya.

Kredit: Facebook | Saving Luke

“Kami tidak memiliki satu anggota keluarga kami [yang memiliki riwayat penyakit diabetes]. Aku tidak tahu apa-apa tentang hal itu. Tidak ada.”

“Banyak anak hampir mati saat kadar gula darahnya menurun drastis. Banyak orang tua tidak tahu gejala-gejalanya,” kata Dorrie Nuttall saat wawancara dengan CBS News.

Kredit: Facebook | Saving Luke

Untuk meningkatkan kesadaran orang lain akan berbahayanya penyakit ini, Dorrie memutuskan untuk membagikan kisah menyentuh yang dialami anaknya dan ikatan yang dia miliki dengan teman anjing labrador yang setia, dalam sebuah postingan di Facebook.

Dorrie menceritakan tentang persahabatan khusus antara Luke dan Jedi : “Mereka saling mencintai. Saya tidak bisa menjelaskan hubungan mereka yang terjalin sangat kuat dan sangat indah. ”

Kredit: Facebook | Saving Luke

Luke didiagnosis menderita diabetes tipe 1 pada saat ia berusia dua tahun. Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, ini adalah bentuk diabetes yang hanya ditemukan pada 5% dari total penderita diabetes.

Pengobatan penyakit tak tersembuhkan ini adalah dengan melakukan suntikan insulin setiap hari.

Kredit: Facebook | Saving Luke

Setiap hari setelah divonis seperti itu oleh dokter, Luke dan keluarganya harus terus mengawasi kadar gula darahnya.

Bagi keluarga Luke, diabetes tipe 1 telah membawa kegelisahan dan kesulitan, tapi juga menimbulkan ikatan khusus antara Luke dan Jedi.

Walaupun Jedi tidak bisa menyembuhkan penyakit Luke, namun dia akan selalu berada di sisinya sebagai teman, pendamping, dan penyelamat hidup Luke. Sesuatu yang memang sangat berharga!

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular