Erabaru.net. Ini adalah cuplikan mengerikan tentang tingkah seekor ikan hiu, yang mengelilingi enam remaja yang sama sekali tidak menyadari kehadiran hiu.

Momen ini berhasil diabadikan oleh seorang fotografer, di lepas Pantai Barat Australia, tepatnya di lokasi perkemahan yang populer disana!

Shaun Scott, sang fotografer menangkap kejadian tersebut dengan menggunakan pesawat tak berawak, di Red Bluff, Australia Barat, sebuah wilayah yang berjarak sekitar 1000 km sebelah utara Perth.

Daerah ini sering dikunjungi oleh pengunjung terutama karena keindahan lautnya dan cocok untuk menikmati olahraga air.

“Aku belum pernah melihat sekelompok hiu datang mendekati orang-orang… itu mungkin adalah kumpulan hiu terbesar yang pernah kutemukan disini,” kata Shaun kepada 9News.

© Mirror UK Video Screenshot

“Mereka pasti mengira bahwa kumpulan para remaja itu adalah mangsa mereka, lalu mereka berusaha mendekati remaja itu.”

“Namun kumpulan hiu itu berbalik karena menyadari bahwa remaja tersebut bukan termasuk ke dalam rantai makanan,” kata Shaun.

“Tapi sungguh luar biasa melihat para remaja ini hanya berenang dengan gaya punggung di tengah lautan, dan mereka tampak asyik menikmati itu tanpa menyadari adanya kumpulan hiu lapar di sekeliling mereka.”

Para remaja tersebut, untungnya, tidak terluka.

© Mirror UK Video Screenshot

Profesor Rob Harcourt, pemimpin Kelompok Riset Predator Kelautan di Universitas Macquarie dan Fasilitas Pelacakan Sistem Observasi Hewan Lautan Australia menyatakan bahwa ini adalah spesies Hiu Tembaga yang diketahui sering mengintai di dekat tepi pantai.

© Mirror UK Video Screenshot

Prof Harcourt menekankan pada perilaku para hiu: “Mereka melihat dan mengintai manusia, namun mereka bisa merasakan bahwa manusia bukanlah mangsa yang cocok.”

“Mereka mungkin benar-benar tertarik dengan manusia karena salah menyangkanya sebagai ikan-ikan kecil, makanan yang mereka sukai.”

“Apalagi ikan-ikan kecil yang bertubuh sangat gemuk dan benar-benar enak, sehingga bisa (memberi) energi yang besar kepada para hiu. ”

© Mirror UK Video Screenshot

“Saya sangat berharap ini menunjukkan bahwa di lingkungan yang sehat seperti di sana, dengan begitu banyak biota laut, ikan hiu bisa hidup berdampingan dengan masyarakat. Anda harus membuka mata lebar-lebar tentang hal ini,” tambah Prof. Harcourt.

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

 

Share

Video Popular