Erabaru.net. Setiap kali orang berpikir tentang tanaman, mereka mengaitkannya dengan istilah “kecantikan” dan “indah”. Mereka juga menggunakanya sebagai dekorasi untuk membuat rumah mereka nampak cantik.

Tapi sebenarnya ada tumbuh-tumbuhan di dunia ini yang dapat menyebabkan kematian. Tumbuhan ini pada dasarnya berbahaya, dan harus dihindari. Jika tidak, kemungkinan besar Anda akan menghadapi kematian.

Untungnya, IFLScience telah menyusun daftar tanaman paling berbahaya di dunia. Ada yang sudah dikenal, tapi kebanyakan jarang didengar oleh orang biasa.

Berikut 9 tanaman yang bisa mengancam jiwa kita di planet ini.

1. Aconitum Napellus, atau dikenal sebagai ‘Monkshood’ dan ‘Wolfsbane’

Aconitum napellus

Pada pandangan pertama, seseorang benar-benar akan jatuh cinta dengan kecantikannya. Aconitum Napellus terlihat menakjubkan dan tidak berbahaya, tetapi sebenarnya beracun.

Orang-orang di zaman kuno akan menggunakan tanaman ini pada ujung panah mereka untuk membunuh musuh dengan lebih cepat. Mereka juga menggunakannya sebagai umpan untuk menangkap serigala, karena itu ia disebut “Wolfsbane”.

Jika dimakan, korban bisa mengalami muntah, mati rasa dan diare, yang menyebabkan kematian.

2. Ricinus Communis atau ‘castor bean’

Apakah Anda pernah menonton “Breaking Bad?” Protagonis utama, Bryan Cranston (dikenal sebagai Heisenberg) pernah menggunakannya untuk mengancam musuhnya. Ini dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah rendah.

3. Cicuta atau ‘Water Hemlock’

Satu lagi tanaman yang terlihat menakjubkan dari luar, tetapi sebenarnya berbahaya dari dalam.

Cicuta dianggap tanaman beracun yang paling umum di AS dan Inggris, dan ia pun sudah membunuh banyak orang. Setelah dimakan, korban akan mengalami serangan jantung secara tiba-tiba sebelum tewas.

4. Datura Stramonium atau lebih dikenal sebagai ‘Jimson Weed’

Ini mungkin tanaman yang paling menarik dalam keseluruhan daftar, meskipun ia masih berbahaya seperti yang lain.

Ada yang mengatakan Datura Stramonium, dapat membuat korban-korbannya menjadi panas, buta, kurus dan gila. Kemudian, sains berhasil membuktikan keasliannya. Beberapa korban menunjukkan keracunan. Tidak heran itu dibuat seperti itu.

5. Dendrocniade Moroides atau ‘Gympie Gympie’

Namanya mungkin terdengar lucu atau tidak masuk akal, tetapi dampaknya bukan hal yang bisa diketawakan.

Tanaman ini menyelimuti dirinya dengan rambut mikroskopis yang beracun.

Hanya satu sentuhan bisa mengakibatkan kematian. Meskipun ada korban yang sembuh dari sengatannya, mereka mengalami sakit parah selama berbulan-bulan.

6. Heracleum Mantegazzianum atau lebih dikenal sebagai ‘Giant Hogweed’

Korban Heracleum Mantegazzianum akan mengalami lepuh, ruam dan luka permanen. Skenario kasus terburuk dapat menyebabkan kebutaan.

Tanaman ini mampu tumbuh setinggi hingga 20 kaki . Tahap racunnya sangat parah dan pemerintah AS menyebutnya sebagai “gulma yang paling berisiko”.

7. Actaea Pachypoda atau ‘White Baneberry’

Tidak hanya tanaman ini berbahaya atau beracun, ia juga terlihat menyeramkan. Ia memiliki fitur-fitur seperti bola mata, yang sangat cocok untuk film horor.

Ia telah memperoleh nama samarannya “White Baneberry” dan “Doll s Eyes” karena penampilannya. Tanaman ini sangat beracun dan hewan juga menghindarinya.

8. Aristolochia Clematitis atau ‘Birthwort’

Menariknya, tumbuhan ini digunakan oleh praktisi medis sebagai obat alternatif. Meskipun ada yang mengklaim efektivitasnya, BPOM-nya AS menganjurkan penghentikan untuk pemakaian obat. Mengapa? Karena itu dilaporkan menjadi penyebab utama gagal ginjal di Amerika.

Sains mengatakan bahwa batang dan akar tanaman ini mengandung asam beracun.

9. Hippomane Mancinella atau ‘Beach Apple’

Ini mungkin tanaman yang paling rumit dalam daftar itu, karena ia menghasilkan buah yang terlihat mengiurkan. Namun, ketika dimakan, itu bisa menyebabkan kebutaan sementara dan menyakitkan.

Korban yang makan buah pohon ini dilaporkan mengalami kepanasan yang ekstrim. Meskipun efeknya dapat sembuh oleh obat-obatan modern, namun ia masih mampu mengakibatkan kerusakan serius pada tubuh manusia.(yant)

Sumber: erabaru.my

Share

Video Popular