Erabaru.net. Stroke terjadi saat suplai darah ke otak berkurang. Di saat kekurangan oksigen, sel otak mati dengan cepat. Kadang, seorang penderita stroke mengalami kehilangan daya ingat atau kemampuan yang berkaitan dengan bagian otak yang mengalami kematian sel otak.

Ada dua jenis stroke. Pertamanstroke hemoragik terjadi bila pembuluh darah bocor atau pembuluh darah otak pecah dan darah membanjiri daerah otak sekitarnya sehingga menyebabkan tekanan.

Kedua stroke hemoragik intraserebral yang terjadi saat pembuluh darah balik yang rusak membocorkan darahnya secara langsung ke dalam jaringan otak, sehingga mematikan sel otak.

Gejala stroke yang perlu Anda waspadai:

Nyeri wajah satu sisi: Nyeri wajah, lengan atau dada satu sisi secara tiba-tiba adalah tanda stroke yang khas. Wanita lebih cenderung mengalami gejala stroke yang tidak khas.

Penglihatan kabur: Tiba-tiba mengalami penglihatan kabur atau penglihatan ganda, tidak mampu memfokuskan mata atau terjadi perubahan pada penglihatan.

Kesulitan bernapas atau menelan: Wanita cenderung mengalami gejala stroke yang berbeda dibandingkan dengan pria, yaitu kesulitan bernapas atau menelan. Beberapa tanda lainnya adalah pingsan, iritasi, halusinasi, mual atau muntah.

Tremor: Tremor (gemetar) adalah gejala stroke yang jarang terjadi. Gejala stroke yang paling sering adalah infark serebral, di mana terjadi penyumbatan suplai darah ke otak.

Hilang keseimbangan: Pening, kehilangan koordinasi atau hilang keseimbangan secara tiba-tiba adalah gejala stroke yang sering terjadi yang harus mendapat perhatian serius.

Sulit berjalan/rasa baal atau kesemutan: Rasa baal atau kesemutan (seperti ditusuk-tusuk jarum) pada bagian tubuh manapun, jalan tidak stabil atau tidak dapat berjalan normal dapat merupakan beberapa gejala stroke.

Paralisis wajah: Ini adalah gejala stroke yang paling sering terjadi. Rasa baal, lemah, lumpuh salah satu sisi wajah, lengan atau tungkai bawah dapat menunjukkan sedang dalam proses menderita stroke.

Nyeri kepala: Nyeri kepala yang tajam secara tiba-tiba dapat merupakan tanda stroke yang memerlukan perhatian.

Bingung: Tiba-tiba merasa bingung dan disorientasi, maka kemungkinan merupakan gejala stroke.

Vertigo: Pening dan ketidakseimbangan yang disertai vertigo adalah gejala stroke yang sering terjadi. Vertigo adalah rasa seperti melayang atau berputar di saat Anda tidak bergerak atau Anda merasa benda di sekitar Anda bergerak, padahal sebenarnya tidak.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

 

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular