Erabaru.net. Mantan peraih medali emas Olimpiade AS, Michael Phelps, diketahui mengikuti lomba renang satu lawan satu dengan seekor hiu putih besar, di perairan Cape Town, Afrika Selatan.

Lomba renang sejauh 100m yang digelar sebagai Hari Hiu itu sangat dinantikan banyak orang.

Lomba ini disiarkan di saluran spesial Discovery Channel yang disebut “Phelps vs. Shark: Great Gold vs. Great White.”

Namun rupanya, Michael harus menelan pil pahit, karena hiu itu akhirnya berhasil mengalahkannya, dengan selisih waktu dua detik.

Great White atau Hiu Putih berhasil menyelesaikan tantangan perlombaan dalam waktu 36,1 detik, sementara Michael menyelesaikannya dalam waktu 38,1 detik.

Meskipun peraih medali emas Olimpiade sebanyak 28 kali itu telah menjelaskan bahwa dia tidak masuk ke dalam air dengan hiu sebenarnya.

Discovery Channel entah bagaimana meninggalkan bagian itu saat mengiklankan lomba yang berbahaya itu.

“Hiu” yang bertarung melawan Michael sebenarnya adalah simulasi, sehingga bukan hiu sungguhan. Demi keselamatannya, dia hanya berpacu melawan waktu dengan hiu.

Waktu balap hiu sesungguhnya pertama kali direkam. Kemudian, perenang berusia 32 tahun, itu dibiarkan berkompetisi di perairan beku dengan suhu 11°C sendirian, melawan rekaman video hiu yang sedang berenang.

Siaran ini disiarkan di sebuah layar di sampingnya. Ini dapat memberi kesan pemirsa untuk merasakan pertandingan “berenang” yang sesungguhnya.

“Yah, kita tidak berada di air pada waktu yang sama. Saya pikir itulah hal yang semua orang ingin ketahui. Walaupun saya kalah, saya masih hidup dan selamat, dan itulah yang terpenting,” kata Michael kepada Good Morning America.

Namun, beberapa pemirsa tidak senang dengan perlombaan ini dan menyebutnya sebagai “penipuan”.

“Sebut saya orang gila, tapi saya pikir mereka akan menempatkan Michael yang berenang melawan seekor hiu sejati, bukan simulasi. Saya merasa ditipu,” tulis pengguna Twitter Meg Conley.

“Ternyata lomba balap renang Michael Phelps yang melawan hiu sebenarnya hanyalah Michael yang berenang sendiri dan kemudian membandingkan waktunya dengan waktu hiu,” komentar Gary Parrish .

Pengguna twitter lain TJ Holmes menulis: “Serius, apakah salah satu dari kalian benar-benar berpikir mereka menempatkan pemenang Olimpiade terbanyak sepanjang masa di perairan terbuka, dan berenang di samping seekor hiu?”

Di samping suhu air yang cukup dingin, Michael nampaknya menikmati balapan renang dengan hiu.

Ia pun berbagi pemikirannya di Twitter: “Pertandingan ulang? Mungkin bisa diadakan di agenda berikutnya .. di air panas.”

 

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular