Erabaru.net. Daya tahan tubuh manusia memiliki batasan-batasan yang bisa digunakan berkreasi dalam aktivitas sehari-hari. Namun demikian, tak sepenuhnya selama 24 jam manusia bisa beraktivitas setiap harinya.

Berikut 9 rahasia ekstrim tubuh manusia :

1.Batas suhu tubuh: Suhu tubuh rata-rata manusia adalah 37derajat Celcius, jika suhu tubuh turun hingga 20 derajat Celcius, maka jantung akan berhenti total.

2.Batas kecepatan: Pada akhir periode 70-an abad lalu, lewat percobaan ilmuwan menemukan, jika seseorang pelari berlari 100 meter lebih cepat dari 9,6 detik maka tenaga yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan ini akan cukup kuat untuk merobek struktur otot pada kaki, oleh karena itu kecepatan lari tercepat tubuh manusia adalah 43,06 km/jam.

3.Batas kehilangan darah: Tubuh manusia dewasa yang sehat mengandung 3,8 – 5,6 liter cairan darah. Menurut ilmuwan, secara teori tubuh manusia mungkin masih dapat bertahan hidup jika kehilangan 50% dari keseluruhan cairan darah di tubuhnya (sekitar 1,9 – 2,8 liter).

4.Batas sengatan listrik: Arus listrik yang melewati tubuh manusia jika lebih dari 200 milliampere, akan menewaskan manusia seketika. Biasanya sebuah jantung yang sehat secara teori dapat menerima sengatan listrik hingga 27.000 volt dan tetap dapat hidup.

5.Batas kebisingan: Riset menemukan, gendang telinga manusia dapat menerima suara bising terbesar hingga 160 desibel. Lebih dari itu mungkin akan menyebabkan sulit buang air kecil dan besar, bahkan mungkin dapat mengakibatkan kerusakan pada organ dalam tubuh manusia.

6.Batas minum air: Tubuh manusia setiap jam maksimal hanya minum 10 liter, jika minum lebih dari 10 liter, pelarutan elektrolit pada tubuh manusia akan kacau balau, sehingga menyebabkan penyakit dan kematian. Sedangkan tubuh manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 73 hari, namun hanya dapat bertahan hidup 7 hari tanpa minum air.

7.Batas pemusatan perhatian: Seiring dengan berjalannya waktu, reaksi tubuh manusia kian lama akan kian lamban. Biasanya manusia dapat fokus maksimal 12 jam, semakin lama kekuatan fokus akan semakin menurun.

8.Batas radiasi: Batas radiasi tertinggi yang dapat diterima tubuh manusia adalah 7 Sievert. Lebih dari jumlah ini, tubuh manusia akan mengalami pendarahan usus akut dan meninggal.

  1. Batas hampa udara: Pada saat berada dalam keadaan hampa udara salama 12 hingga 15 detik, tubuh manusia akan kehilangan kesadaran, dan akan meninggal 1 menit kemudian.

(Sud/Chris/asr)

Sumber : The Epoch Times

Share

Video Popular