Erabaru.net. Orangutan albino berusia lima tahun ini mungkin hanya ada satu di dunia. Ia berhasil menarik minat dan perhatian dunia.

Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) menamai orangutan albino langka ini dengan nama “Alba.”

Nama itu sebagai respon atas saran yang diberikan masyarakat dari seluruh dunia untuk memberikannya sebuah nama.

Internet

Alba adalah satu dari ribuan saran yang diterima BOS, karena memiliki banyak arti penting, dimana nama ini bisa memiliki arti “fajar” dalam Bahasa Spanyol dan “putih” dalam bahasa Latin.

“Diharapkan hewan berharga ini akan menjadi fajar baru bagi hewan-hewan lainnya,” kata juru bicara BOS.

Internet

Orangutan albino bermata biru itu disimpan di sebuah kandang oleh penduduk desa di pulau Kalimantan.

Alba adalah satu-satunya orangutan albino yang pernah dimiliki BOS.

Internet

“Alba merupakan kasus yang sangat khusus. Karena warna rambut dan warna matanya, serta kepekaannya terhadap cahaya, kami perkirakan dia mengidap kelainan albino,” kata jurubicara yayasan BOS, Nico Hermanu.

Internet

Sementara itu menurut Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS, mereka tidak bisa begitu saja menempatkan Alba ke habitat aslinya, di hutan lepas, tanpa pemeriksaan dan pengawasan secara menyeluruh.

Internet

Alba stres, lemah, dan mengalami dehidrasi saat diselamatkan, dan menderita infeksi parasit, tapi sekarang dia membaik, dan terus bertambah berat, berkat staf BOS.

“Sejauh ini kami belum dapat menemukan contoh lain tentang orangutan albino dan kami perlu tahu lebih banyak tentang dia dan situasi spesialnya. Dia menunjukkan perilaku liar. Kami pikir dia mungkin bisa Kembali ke alam liar,” kata Hermanu.

Orangutan Borneo diklasifikasikan oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam sebagai “sangat terancam.”

Semoga sehat selalu ya, Alba! (intan/rp)

Sumber: www.ntd.tv

Share

Video Popular