Oleh : Dr. Patricia A. Muehsam. MD

Erabaru.net. Sebagaimana artikel yang pernah saya tulis pada bagian-1 (emosi-dan-kesehatan-anda), teknik penyembuhan merupakan pendekatan yang benar-benar spesifik dan bersifat pribadi.

Kita bisa memulai pelatihan tubuh-pikiran dari tingkat manapun. Kita bisa mulai dari tubuh fisik maupun dari emosi-jiwa tubuh. Betapapun, kedua pendekatan tersebut sebenarnya sama sekali tidak ada jarak.

Acapkali lebih mudah memberikan contoh pengobatan Barat, sebagai pertimbangan awal pemeriksaan tubuh, gejala-gejala yang timbul, atau penyakit.

Memusatkan perhatian pada tubuh dapat dianggap sebagai titik awal penyembuhan dan transformasi di berbagai tingkat.

Namun tanpa kita melakukan pendekatan sampai ke akar dan keterkaitan emosional, kita tidak dapat menyembuhkan secara menyeluruh di berbagai tingkat.

Pikiran, emosi, dan gejala fisik kita berkaitan sangat erat. Hal ini telah saya singgung dalam serial artikel sebelumnya, “Kekuatan Pikiran”, pengamatan ini telah didokumentasikan dengan baik oleh ilmu pengetahuan Barat dan juga didapatkan pada prinsip-prinsip tradisi penyembuhan global.

Yang paling terkenal di Barat adalah pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda, dua sistem yang melandasi pijakan kita.

Kedua sistem ini menghubungkan gejala-gejala tubuh dan emosi. Pada pengobatan tradisional Tiongkok, paru-paru dianggap sebagai “gudang” kedukaan, hati berkaitan dengan amarah, dan ginjal berkaitan dengan ketakutan.

Pada Ayurveda, vata dosha menghasilkan radang sendi dan kegelisahan; pitta berkaitan dengan luka dan amarah. Mungkin berguna bila mempertimbangkan keterkaitan ini saat merefleksikan keprihatinan kesehatan Anda.

Beragam cara untuk mendapatkan kesembuhan. Saya akan meringkaskan beberapa hal.

Beberapa piranti dan teknik penyembuhan mungkin bersifat “pasif”; sedangkan lainnya bersifat “aktif”.

Pendekatan pasif adalah teknik penyembuhan yang dilakukan terhadap Anda, seperti akupunktur dan pemijatan.

Sedang pendekatan aktif adalah teknik penyembuhan yang dilakukan oleh diri Anda sendiri, seperti pranayama, atau latihan pernafasan.

Teknik penyembuhan aktif dapat benar-benar menghasilkan kekuatan, namun pendekatan pasif pun berguna.

Terkadang pengalaman diperlukan untuk mengubah kondisi tubuh-pikiran tanpa melakukan banyak usaha.

Pernafasan dan makanan

Nafas adalah bahan bakar dan kekuatan hidup dari tubuh dan pikiran kita. Pengetahuan Barat telah mendokumentasikan hubungan antara sistem pernafasan dan kesehatan fisik dan emosional.

Menariknya, ini adalah prinsip yang tidak dapat dipisahkan dari tradisi penyembuhan global. Qi dan prana berturut-turut dipertimbangkan sebagai “kekuatan hidup” pengobatan tradisional China dan Ayurveda. Tanpa bernafas, kita tidak akan eksis.

Pernafasan yang menyimpang menyebabkan penyakit; pernafasan optimal menambah kemungkinan penyembuhan.

Mempelajari pernafasan alami sebagus teknik pernafasan khusus dapat mempengaruhi kondisi tubuh-pikiran, emosional kita, dan dapat menjadi saluran untuk penyembuhan emosional.

Makanan adalah obat bagi tubuh dan pikiran kita. Semua makanan akan mempengaruhi kondisi emosional kita. Pengaruh ini sangat spesifik bagi tiap pribadi. Hippocrates, yang dianggap sebagai bapak pengobatan Barat, menuliskan konsep ini. Dia meyakini bila “makanan adalah ilmu kedokteran kita dan makanan obat kita” dan juga mempercayai bahwa “lebih penting mengetahui seorang pasien telah menderita suatu penyakit daripada mengetahui apa penyakit pasien.”

Terapi khusus

Teknik terapetik apapun akan mempengaruhi tubuh dan pikiran, oleh karena itu mengolah tubuh dan pikiran.

Hal ini sangat sering terjadi dalam ilmu kedokteran Barat. Ada banyak pendekatan, perangkat, teknik, dan sistem.

Berikut ini sejumlah daftar terapi, bukan penelitian secara mendalam, hanya untuk pertimbangan Anda saja.

Teknik kesehatan energi; teknik psikologi energi; terapi yang berpusat pada tubuh seperti Rolfing; penanganan Ayurvedik dan pengolahan tubuh; pendekatan pengobatan tradisional Tiongkok, termasuk akupunktur; terapi manual seperti siropatik dan osteopati, pengobatan kondisi emosional seperti aroma bunga; terapi herbal; homeopati; variasi teknik dari tradisi yoga; terapi kehidupan masa lalu; terapi pernafasan; terapi kreativitas ekspresi diri; terapi menulis dan jurnalistik; terapi gerakan.

Beberapa diantaranya memerlukan instruktur, namun sebagian yang lain dapat dilakukan sendiri.

Beberapa saran akhir: berhati-hati dan bersabarlah dengan diri Anda. Penyembuh terbesar ada dalam diri Anda, bukan di tempat praktek semua dokter atau di semua bidang teknik atau sistem.

Penyembuhan adalah perjalanan dari eksplorasi dan pertumbuhan, perjalanan yang hanya dan selalu diarahkan pada rasa yang lebih besar pada kesehatan.

Di masa mendatang, saya akan membagi beberapa pengalaman pribadi dengan penyakit, pengalaman mengajarkan pada saya tentang penyembuhan, dan menggambarkan beberapa pendekatan yang telah saya singgung di atas.

(Dr. Patricia A. Muehsam/feb/asr)

Sumber : Epoch Times

Dr. Patricia Muehsam MD adalah dokter umum di New York, Amerika Serikat. Dia menerima gelar medis dari Icahn School of Medicine di Gunung Sinai dan telah berpraktek lebih dari 20 tahun.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular