Erabaru.net. Dapatkah sebuah penemuan yang benar-benar sederhana bisa membuat perbedaan besar dalam kehidupan manusia? Jawabannya dapat!

Orang-orang yang tinggal di iklim yang sangat panas namun tak memiliki cukup uang untuk membeli Air Conditioner (AC) pastinya akan mendapatkan keuntungan dari alat yang cerdik ini.

Anda hanya membutuhkan adalah beberapa botol plastik daur ulang, pisau tajam, dan selembar karton.

Benar-benar sangat sederhana dan mudah, bukan?

Coba bayangkan, Anda tinggal di pondok timah di Daulatdia, Bangladesh, dimana pada musim panas suhunya bisa melambung di atas 45º C, tanpa air, benar-benar terdengar seperti mimpi buruk!

Tapi begitulah yang dialami oleh lebih dari 28.000 orang, dimana mereka harus tinggal di daerah kecil dan sempit ini.

Mereka harus merasakan setengah hari mereka dalam temperatur yang sangat panas, dan membuat mereka tidak bisa bekerja secara leluasa.

© YouTube Screenshot | #TalkToMe

Syukurlah, dua perusahaan bernama Grey Dhaka bersama dengan Grameen Intel menciptakan pendingin udara bebas energi pertama di dunia, dibuat tanpa menggunakan mesin modern.

Namun hanya dengan botol plastik daur ulang dan kardus. Bahan yang mudah didapatkan, sehingga siapa pun bisa saja membuat AC tradisional tanpa mesin ini.

Apalagi, AC ini tak memerlukan biaya dan energi listrik untuk memiliki udara dingin di rumah.

© YouTube Screenshot | #TalkToMe

Cara kerjanya pun juga cukup sederhana dan cerdik. Pertama, dasar botol plastik dipotong.

Kemudian menempelkan kertas karton yang telah dipotong lubang kecil pada leher botol.

Udara panas akan masuk dari bagian dasar botol dan kemudian disalurkan melalui leher botol, lalu disaring oleh lubang kecil pada karton, yang bisa mendinginkan udara.

© YouTube Screenshot | #TalkToMe ©

“Setelah tes awal, desain Eco-Cooler dipasang secara online agar semua orang bisa mengunduh secara gratis.

© YouTube Screenshot | #TalkToMe ©

Bahan baku yang mudah didapatkan, membuat Eco-Cooler menjadi solusi hemat biaya dan ramah lingkungan untuk membuat ruangan menjadi dingin,” kata Syed Gousul Alam Shaon, kepala staf kreatif di Grey Dhaka.

© YouTube Screenshot | #TalkToMe

Botol-botol tersebut kemudian ditempelkan di sebuah papan besar, dan ditempatkan di ruangan dimana udara bisa masuk, seperti di atas jendela misalnya.

Udara yang masuk akan didinginkan seara cepat dan bisa segera dirasakan. Alat ini bahkan telah teruji bisa menurunkan suhu hingga 5º C.

Bagi seseorang yang tinggal di rumah yang panas, maka perlu sekali untuk membuat alat Eco-Cooler sederhana.

© YouTube Screenshot | #TalkToMe

Ide sederhana ini juga berpotensi dapat memperbaiki kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, dan tanpa memerlukan biaya banyak.

Sebuah penemuan yang cerdik, sederhana dan mudah kini bisa dibuat semua orang, terutama yang tinggal di ruangan yang bersuhu panas!

© YouTube Screenshot | #TalkToMe

Tonton video dan lihat sendiri bagaimana cara pembuatannya dan cara kerjanya.

Anda mungkin ingin mencobanya juga!

https://www.youtube.com/watch?v=oSbZWNk84F4

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular