Erabaru.net. Arteri adalah pembuluh darah yang mengangkut darah yang mengandung oksigen dari jantung ke seluruh organ di dalam tubuh. Pembuluh darah arteri yang sehat adalah arteri yang kuat, elastik dan fleksibel.

Penyumbatan arteri dapat menyebabkan beberapa masalah seperti penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung, stroke dan penyakit vaskular perifer.

Arteri yang tersumbat biasanya tidak memberi gejala apa pun dan sangat sulit untuk didiagnosis. Gejala arteri yang tersumbat tergantung pada jenis arteri yang terkena.

Arteri yang tersumbat ditandai dengan mengeras atau menebalnya arteri. Sel endotel membiarkan darah mengalirkan secara alami.

Beberapa faktor seperti radikal bebas, peningkatan kadar homosistein, kurangnya jumlah trombosit dan kurangnya vitamin C dapat mengeraskan arteri.

Plak terbentuk bila substansi tertentu tidak mampu keluar dari arteri.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2, resistensi insulin, merokok dan hipertensi juga diketahui merusak arteri.

Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang membantu membongkar arteri dan menjaga kebersihannya.

Berikut adalah beberapa makanan teratas untuk membersihkan arteri.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat melindungi jantung. Ekstrak kunyit diketahui bisa mengurangi kolesterol LDL dan penumpukan plak di arteri.

Bawang putih

Bawang putih terbukti mencegah penyakit jantung, memperlambat terjadinya aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah akibat penimbunan plak) dan menurunkan tekanan darah. Bawang putih cukup efektif dalam mencegah terbentuknya plak di dalam arteri.

Jahe

Jahe mengandung antioksidan yang kuat dan bersifat anti-peradangan. Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang merupakan zat yang sangat melindungi jantung.

Ekstrak jahe dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan dengan demikian mencegah serangan jantung.

Cabe rawit

Mengandung kapsaisin yang mencegah kolesterol LDL secara alami. Membantu menurunkan risiko serangan jantung, stroke dan memperbaiki peredaran darah. Cabe sangat bagus untuk membersihkan arteri.

Lemon

Lemon menurunkan kadar kolesterol, mencegah kerusakan oksidatif dan mempertahankan arteri tetap sehat. Lemon mengandung vitamin C yang menurunkan peradangan dan memperkuat arteri.

Kayu manis

Kayu manis menurunkan faktor risiko aterosklerosis dan penyakit jantung. Enam gram kayu manis setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.Salah satu makanan terbaik membersihkan arteri.

Biji rami

Biji rami tinggi serat yang membantu mencegah penyumbatan arteri. Mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat menurunkan tekanan darah dan peradangan. Makana yang membantu mencegah serangan jantung.

Kubis yang difermentasi

Ini mengandung senyawa yang mencegah perkembangan aterosklerosis aorta dan juga membantu membersihkan arteri dan mencegah serangan jantung.

Biji wijen

Mengonsumsi biji wijen secara teratur membantu mencegah perkembangan aterosklerosis. Minyak wijen mengandung kandungan lemak yang menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Ini adalah salah satu makanan teratas yang membantu membersihkan arteri.

Jus delima

Jus delima mengandung asam punikat yang mencegah terjadinya penyumbatan arteri secara alami dan membasmi aterosklerosis. Jus delima mengandung nutrisi yang ramah terhadap jantung seperti selenium dan magnesium.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular