6. Paparan cahaya berlebihan

Paparan cahaya berlebihan adalah salah satu yang menyebabkan pubertas dini pada anak-anak, terutama paparan cahaya di malam hari yang dapat mempengaruhi organ-organ endokrin dalam otak.

Selain faktor nutrisi, faktor lingkungan sosial dan keluarga juga menjadi salah satu penyebab cepatnya menstruasi pada anak.

Misalnya, paparan internet, game online, tv, dan majalah bisa memicu tumbuhnya hormon seksual pada anak.

Ditambah lagi, jika anak-anak yang tidak mendapatkan pendampingan orang tua dan kurangnya edukasi mengenai pendidikan seksual, anak akan terperangkap dalam gaya hidup dan pergaulan yang bebas.

Perlu diingat pula pada fase pubertas, anak-anak mulai menyukai lawan jenis. Ketika seorang anak sudah mengalami menstruasi, sangat penting untuk seorang ibu memberikan pendidikan seksual dan bagaimana menjaga kesehatan reproduksi.

Pubertas dini, lanjut Aman, tidak boleh dibiarkan dan harus segera diobati karena ini adalah penyakit. Ia juga berpesan kepada para orangtua agar memberikan asupan yang sehat dengan cara mengenalkan makanan yang diolah alami seperti sayuran dan buah-buahan alami, dan mengurangi mengonsumsi makanan yang diproses.

Intinya, selama gizi anak mencukupi, itu juga sudah cukup, jadi jangan berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik, bukan hanya dari sisi makanan.

(joni/asr)

Sumber : how01.com

Share

Video Popular