Erabaru.net. Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan berjabat tangan saat kita bertemu kerabat atau seseorang yang baru kita kenal. Nah, Anda pasti akan terkejut dengan hasil sebua riset terbaru. Periset mengklaim bahwa berjabat tangan itu tidak menyehatkan.

Jadi sebelum berjabat tangan, alangkah baiknya Anda mengenakan sarung tangan.

Berikut alasan-alasan yang mendasarinya:

#1 Penelitian baru memperingatkan bahaya dari berjabat tangan! Benar, berjabat tangan adalah bahasa tubuh yang baik saat bertemu dengan seseorang yang baru dikenal. Tapi itu bisa berubah menjadi bahaya kesehatan, kata periset.

#2 Ahli kesehatan mengatakan bahwa berjabat tangan dapat menyebar infeksi dari satu orang ke orang lain. Dianjurkan untuk tidak berjabat tangan bila Anda rentan terhadap infeksi.

#3 Kita semua tahu bahwa Organisasi Kesehatan Dunia sering menekankan untuk mencuci tangan dan memelihara kebersihan tangan. Terbukti secara statistik bahwa memelihara kebersihan tangan dapat mencegah kematian akibat diare setiap tahun.

#4 Mengapa kebersihan tangan menjadi masalah? Nah, sekali lagi sebuah survei menunjukkan bahwa mayoritas orang tidak menghabiskan cukup waktu untuk mencuci tangan mereka dengan seksama setelah menyentuh benda-benda kotor, setelah dari toilet, setelah memetik hidung, setelah bersin, memasak atau menggunakan kendaraan umum.

# 5 Tangan yang kotor adalah pembawa berbagai jenis mikroba yang bisa menular ke orang lain saat berjabat tangan. Ya, salmonella pun bisa menular melalui jabat tangan.

# 6 Apa lagi yang bisa ditimbulkan oleh tangan kotor? Nah, flu, cacar air dan banyak infeksi lainnya bisa dimulai dari berjabat tangan sederhana terutama jika tangan orang lain mengandung mikroba penyebab penyakit.

#7 Saat peneliti secara acak masuk ke dalam kereta api lokal dan memilih para sukarelawan untuk dilakukan uji tangan, peneliti menemukan bahwa 20% tangan para sukarelawan mengandung bakteri yang berasal dari tinja!

Namun, tidak berarti semua mikroba tersebut akan menularkan infeksi, karena sebagian mikroba akan bertahan hidup lama, sebagian mikroba mati atau tidak mampu menyebarkan infeksi, jadi tergantung pada banyak faktor.

#8 Selain berjabat tangan, saat Anda menyentuh telepon genggam teman Anda juga menularkan infeksi, karena telepon genggam tersebut mengandung banyak kuman yang membahayakan kesehatan. (vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular