Erabaru.net. Senang bermain teka-teki kata seperti teka-teki silang? Ini dapat memperbaiki fungsi otak dan menjaga otak Anda sepuluh tahun lebih muda, sebuah penelitian telah menemukan.

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin sering orang terlibat dengan teka-teki silang, semakin baik kinerjanya pada tugas kognitif yang menilai perhatian, penalaran dan ingatan – dimana kemunduran dapat menyebabkan perkembangan demensia.

Selanjutnya, orang-orang seperti itu juga memiliki fungsi otak yang setara dengan sepuluh tahun lebih muda dari usia mereka dalam ujian kecepatan penalaran gramatikal dan akurasi memori jangka pendek.

“Kami menemukan hubungan langsung antara frekuensi penggunaan teka-teki dan kecepatan dan ketepatan kinerja pada sembilan tugas kognitif yang menilai berbagai aspek fungsi, termasuk perhatian, penalaran dan ingatan,” kata Keith Wesnes, profesor di Universitas Exeter di Inggris.

“Kinerja secara konsisten lebih baik pada mereka yang melaporkan terlibat dalam teka-teki dan umumnya meningkat secara bertahap dengan frekuensi penggunaan teka-teki,” Wesnes menambahkan.

Untuk studi tersebut, yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer (AAIC) 2017 yang diadakan di London, tim tersebut menganalisis data dari lebih dari 17.000 orang sehat berusia 50 ke atas, diajukan dalam sebuah percobaan online.

Seiring dengan menjaga agar pikiran tetap aktif, berolahraga, tidak rokok dan mengonsumsi makanan seimbang yang sehat juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan demensia, para periset menyarankan.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular