(Video) Walaupun Tubuhnya Lumpuh Sebagian, Pria 59 Tahun Itu Benar-Benar Mampu Menggali Jalan Setinggi 220 Kaki Selama 3 Tahun

191

Erabaru.net. Pria ini bukanlah manusia biasa. Dia telah menunjukkan keteguhan hati yang sungguh luar biasa.

Walaupun tubuhnya lumpuh sebagian, dia tidak membiarkan hal itu menghalangi jalannya untuk mencari nafkah. Dia menolak untuk hidup bergantung pada orang lain, sehingga ia harus bekerja keras.

Sebagian tubuh Shashi G menjadi lumpuh sejak 18 tahun yang lalu saat, akibat terjatuh dari pohon kelapa. Lengan dan kaki kanannya menjadi mati rasa dan tak bisa digerakkan, jadi dia tidak bisa melanjutkan profesinya sebagai pemanjat pohon kelapa.

 

Video Screenshot | BERITA ABP

Dia ingin tetap mendukung keluarganya, jadi beberapa kali, dia meminta kendaraan roda tiga dari dewan desa agar dia bisa terus bekerja.

Namun sayangnya, Dewan Desa menolak permintaannya itu, dengan alasan karena rumahnya tidak memiliki akses jalan yang bagus untuk berpergian kemanapun. Ia bahkan menjadi tawa tertawaan desa saat ia terus mengajukan petisi.

 

Video Screenshot | BERITA ABP

Akhirnya, Shashi G, warga kota Thiruvananthapuram, Kerala, India ini mulai berinisiatif untuk membangun jalan sendirian, dengan menggali tanah menggunakan kapaknya.

Selama tiga tahun berikutnya, pria berusia 59 tahun itu bekerja selama enam jam setiap hari untuk membangun jalan sepanjang 200 meter ke rumahnya.

Dia mendapatkan penghormatan dari penduduk desa selama waktu itu karena ia tampaknya melakukan hal yang tidak mungkin ia bisa selesaikan, apalagi dengan kondisi tubuhnya yang sebagian lumpuh.

Walaupun Shashi sudah membuat jalan, para anggota dewan desa masih belum mau memberikan kendaraan untuknya, karena memang sepertinya permintaan Shashi tersebut telah jatuh ke orang tuli.

Sambil menangis, Shashi G dan istrinya menceritakan tiga tahun perjuangan yang dia jalani untuk membangun jalan ke rumahnya.

Video Screenshot | BERITA ABP

Kisah menyentuh ini bisa disamakan dengan tokoh India yang terkenal, seperti Dashrath Manjhi, dari Bihar, yang membangun jalan diantara gunung sendirian, setelah istrinya tidak bisa mencapai rumah sakit terdekat akibat akses jalan yang terputus.

Banyak orang di India yang menderita cacat tidak dapat menemukan pekerjaan atau mendapatkan pendidikan yang baik, bahkan jika mereka mampu sekalipun.

Video Screenshot | NDTV

Memang, beberapa hal perlu diubah disini. Jika penduduk desa itu bersatu untuk membantunya membangun akses jalan ke rumahnya, pastilah jalan tersebut bisa rampung dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Apalagi, mengetahui tetangganya yang menderita cacat fisik, sudah seharusnya mereka membantu mencarikan pekerjaan yang cocok bagi Shashi.

 

Video Screenshot | NDTV

The Logical India meminta badan-badan pemerintah setempat untuk menyediakan kendaran roda tiga untuk Shashi G dengan kendaraan.

Shashi G benar-benar seseorang yang mengagumkan, terutama ia memiliki semangat dan kekuatan karakternya untuk mau memberikan nafkah bagi keluarganya daripada tinggal bermalas-malasan di rumah.

Perhatikan semangat pria yang luar biasa saat membangun akses jalan ke rumahnya dalam video di bawah ini:

(intan/asr)

Sumber : ABP NEWS/NTD.TV