Erabaru.net. Seiring dengan transportasi sekarang yang semakin maju, sehingga mereka yang melakukan perjalanan bisnis di luar juga semakin banyak.

Namun demikian, isu mengenai kehigienisan hotel juga mengkhawatirkan, meski pun sekilas tampak sangat bersih, tetapi tersembunyi banyak bakteri yang tak kasat mata, terutama bagi kaum wanita, besar kemungkinan terinfeksi bakteri penyakit.

Kalau begitu, apa saja yang harus diperhatikan saat tinggal di hotel ?

Mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

  1. Periksa dulu apakah sprei kasur / alas ranjang telah diganti
Foto : Istimewa

Saat merasa lelah setelah beraktivitas atau perjalanan sepanjang hari, banyak dari kita yang langsung berbaring di atas kasur empuk begitu masuk ke kamar hotel.  Namun, asal tahu saja, banyak motel/hotel gelap yang tidak mengganti spreinya !

Umumnya hanya langsung dirapikan jika tidak ada noda yang mencolok atau masih terlihat bersih.  Seandainya tamu sebelumnya mengidap penyakit kulit, kemudian dilanjutkan dengan anda yang langsung merebahkan diri di atas alas kasur tersebut, maka besar kemungkinan anda akan tertular oleh penyakit kulit itu.

Lantas, bagaimana cara melihat apakah spreinya sudah diganti atau belum ?  Berikut beberapa tips :

Alas kasur yang telah dicuci sekilas akan tampak bekas atau garis lipatan. Ada yang biasanya membawa sendiri dengan pertimbangan kehigienisannya.

  1. Ketel dan gelas hotel.

Tahukah Anda? tempat yang paling kotor di hotel itu belum tentu bak mandinya, tapi ketel listrik. Ketel adalah perlengkapan standar yang disediakan di setiap hotel.

Secara permukaan memang tampak bersih mengkilat, dan biasanya juga di-desinfeksi dengan air panas, tapi tahukah anda apa yang dilakukan tamu sebelumnya dengan ketel itu ?

Jadi usahakan beli air sendiri dari luar, jika ingin air panas, anda bisa bawa sebuah gelas atau cangkir pemanas, jauh lebih aman dan higienis.

  1. Kebersihan toilet

Meskipun para pegawai bagian kebersihan hotel selalu membersihkannya setiap hari, tapi bagaimana pun juga tamu-tamu yang memakainya tak terhitung banyaknya.

Jadi sedikit banyak tetap saja merasa was-was, jika begitu, kita bisa siapkan alas toilet sekali pakai, jauh lebih higienis dan perasaan juga lebih tenang.

Foto : Net

Selain itu juga handuk di hotel, kalau bisa sebaiknya jangan dipakai, ada beberapa petugas kebersihan hotel yang biasanya membersihkan/ menyeka kaca cermin dengan handuk saat terakhir bersih-bersih, jadi bisa dibayangkan bagaimana dengan kehigienisannya.

Ini tidak boleh itu juga tidak boleh dipakai, tapi tetap saja harus menginap di hotel, jadi bagaimana baiknya ?

Ada beberapa tips berikut ini yang bisa anda coba.

Bagi anda yang khawatir dengan sprei hotel yang tidak bersih?

Sebaiknya bawalah sprei sendiri, seprai sekali pakai, bisa membantu mengatasi solusi kesehatan! 100% kain katun yang super nyaman, menemani tidur anda terasa lebih nyaman dan nyenyak, beraroma serasa di rumah, menjauhkan anda dari barang-barang bekas pakai para tamu hotel yang silih berganti !

Seperti yang disebutkan di atas, sebisa mungkin jangan pakai handuk hotel, coba lihat Magic towel ini, yakni handuk ajaib sejenis kanebo yang dapat menyerap air lebih cepat daripada handuk biasa, sekilas terlihat mirip dengan permen, bukan ?

Bentuknya yang mungil seperti permen ini seketika akan menjadi handuk yang lembut setelah direndam dengan air panas hanya dalam waktu beberapa menit dan dijamin tidak akan mengiritasi kulit.

Asal tahu saja, gelas atau cangkir di hotel itu sebagian besar digunakan kembali secara berulang dengan campuran air liur yang silih berganti, sebaiknya jangan dipakai.

Hal-hal seperti pembersihan dan sejenisnya, kualitasnya sangat umum, jadi lebih baik bawa sendiri, siapkan satu gelas sendiri, jauh lebih aman dan praktis lho.

Selain itu, anda juga bisa membawa gelas/cangkir listrik sendiri, tidak hanya dapat digunakan untuk memasak air panas saat bepergian, tetapi juga bisa menyeduh susu atau kopi panas sendiri.

Semoga bermanfaat!

(joni/asr)

Sumber : Beautieslife

Share

Video Popular