Erabaru.net. Seiring dengan perkembangan zaman, bertambahnya tekanan dalam kehidupan, jumlah wanita yang bekerja kian hari semakin meningkat, sehingga membuat masalah layak atau tidaknya menitipkan anak ke play group atau ke balai penitipan anak semakin menjadi topik pembicaraan yang sangat umum.

Sebagian besar orangtua sangat memperhatikan masalah pendidikan anak-anak mereka, namun konsep yang benar tentang pendidikan anak, umumnya orangtua hanya memahami sebagian kecil saja.

Tidak sedikit orangtua yang beranggapan bahwa yang dimaksud dengan pendidikan adalah prestasi belajar anak di sekolah atau pun membuat anak senantiasa memiliki kemampuan bersaing dalam hal pelajaran.

Sesungguhnya mendidik anak harus dimulai sejak anak kita dilahirkan.

Sejumlah pakar analis berpendapat bahwa pembentukan fundamental kepribadian sang anak serta pengembangan dan pembinaan terhadap intelijensi anak sudah harus terbentuk sejak usia di bawah 6 tahun.

Oleh sebab itu pendidikan anak pada usia pra sekolah sangat erat hubungannya dengan kemampuan belajar sang anak serta pengembangan kepribadiannya.

Berdasarkan artikel di New York Times, dalam suatu studi tentang pendidikan dini anak dan pengembangan kepribadian remaja yang disponsori oleh Institut Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia Nasional.

Selama studi ini, Institut Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia Nasional mengirimkan anak usia pra sekolah untuk dirawat di balai penitipan anak selama 1 tahun atau lebih, akan meningkatkan kemungkinan penyimpangan perilaku anak dan pengaruh semacam ini mungkin akan terus terbawa oleh si anak hingga dia di sekolah kelas 6 SD.

Share

Video Popular