Erabaru.net. Di hari kemerdekaan Republik Indonesia ini, kita nostalgia lagi yuk, sama lomba-lomba yang Mimin yakin, sebagian besar pernah Sobat ikutin dulu.

Bahkan mungkin juga di hari 17 Agustus tahun ini, Sobat ada juga yang ikut salah satu dari lomba-lomba 17-an yang “legendaris” berikut.

Lomba-lomba apa aja ya? Yuk Mimin bantu ingetin…

  1. Lomba makan kerupuk
http://1.bp.blogspot.com

Siapa yang gatau lomba yang satu ini? Inilah salah satu lomba paling legendaris yang diperlombakan saat 17 Agustusan. Baik anak-anak sampai dewasa bisa ikut dalam lomba ini.

Lombanya sederhana saja. Sebuah kerupuk, atau lebih tepatnya sekeping kerupuk, karena selama ini yang Mimin lihat sih, selalunya yang digunakan adalah jenis kerupuk kepingan yang beralur.

Wah, kaya apa kerupuk kepingan beralur itu Min? Emang kerupuk jenis itu namanya kerupuk beralur? Mimin gatau juga sih nama tepatnya. Kerupuknya kaya apa, bisa dilihat di foto ataupun coba aja Sobat lihat lomba makan kerupuk, kerupuk yang digunakan pasti yang modelnya begitu. Soal namanya jenis kerupuk apa, Mimin juga gatau. Cuma karena kerupuknya berbentuk kepingan dan beralur, jadi ya Mimin sebut aja kerupuk kepingan yang beralur.

Kerupuk itu akan digantung, biasanya digantung menggunakan tali rafia, kemudian orang-orang akan berlomba untuk memakannya, tapi tanpa menggunakan tangan. Siapa yang lebih dulu memakan habis kerupuknya, dialah pemenangnya.

2. Lomba balap karung

3.bp.blogspot.com

Nah ini juga salah satu lomba legendaris lainnya.

Lombanya sederhana, peserta melakukan balapan mulai dari suatu garis start sampai ke garis finish, namun sambil “memakai” karung.

Yaa… Mimin ga perlu banyak jelasin sih, yakin Sobat semua sudah tau bagaimana lomba balap karung ini dimainkan. ^^

3. Lomba membawa kelereng pake sendok

static.simomot.com

Nah, ini lomba yang sudah tidak asing lagi saat acara 17-an. Biasanya pesertanya anak-anak, tapi kadang orang tua juga ada.

Peserta diharuskan balapan sambil membawa kelereng di atas sendok yang digigit di mulutnya, kelihatannya mudah, namun cukup perlu konsentrasi sih, karena peserta harus berjalan sambil menyeimbangkan kelereng yang ada di atas sendok supaya tidak jatuh.

Yang pertama mencapai garis finish dengan kelereng yang tidak jatuh dan masih ada di atas sendok, dialah pemenangnya.

4. Lomba balap bakiak

storage.googleapis.com

Satu lagi lomba yang sering kita jumpai saat 17-an. Lomba balap bakiak.

Balap bakiak aja sih mudah, tapi ini, beberapa orang berjalan dengan menggunakan satu bakiak yang sama berbarengan, jadi kalau kurang kerjasama, bisa-bisa ada yang jatuh terjungkal, so, tidak semudah yang dibayangkan, perlu kerjasama yang solid dari seluruh anggota kelompok kalau mau menang.

5. Lomba panjat pinang

http://3.bp.blogspot.com

Nah, kalau lomba yang satu ini, biasanya diikuti hanya oleh para remaja dan orang dewasa, anak-anak belum boleh.

Dalam lomba ini sebuah batang pinang diberdirikan, dan diatasnya ditaruh beragam hadiah, kemudian batang pinang tersebut dilumuri cairan yang licin, bisa oli bisa juga minyak, setelah itu para peserta akan membuat susunan menara manusia sambil memanjat batang pinang tersebut untuk mencapai bagian puncak pohon pinang, dan mengambil hadiah di atas.

Itulah 5 lomba yang sangat mungkin, hanya bisa Sobat temukan saat hari-hari perayaan 17 Agustusan saja. Masih ada beragam lomba lain yang ga kalah seru. Tapi Mimin ga tulis disini.

Ada satu negarawan yang pernah berpesan bahwa semangat lomba 17-an, jangan dilihat hanya untuk senang-senang saja, namun dibalik itu, lihatlah unsur persatuan, unsur perjuangan dan unsur pantang menyerah, yang selalu menyertai para peserta di setiap lomba, untuk mengingatkan kita bahwa dulu, para pejuang kemerdekaan, baru bisa memperoleh kemerdekaan setelah mereka bersatu, berjuang, dan pantang menyerah.

Selamat Hari Kemerdekaan RI yang ke-72, Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka! (Jul)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds