Erabaru.net. Menurut sebuah penelitian terbaru, makanan kaya lutein seperti bayam dan alpukat tidak hanya memberi Anda dosis vitamin dan protein yang dibutuhkan, namun juga bagus untuk keseluruhan kemampuan kognitif Anda.

Lutein adalah nutrisi yang tidak dapat dipruduksi oleh tubuh sendiri sehingga seseorang perlu mendapatkannya melalui makanan yang mengandung lutein.

Lutein ditemukan dalam jumlah tinggi dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam, alpukat, kangkung dan wortel, serta telur.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan di jurnal – Frontiers in Aging Neuroscience, menganalisis 60 orang dewasa berusia 25 sampai 45, dan menemukan bahwa peserta paruh baya dengan tingkat lutein yang lebih tinggi memiliki respons saraf yang ditemukan lebih setara dengan individu yang lebih muda dibandingkan dengan mereka. Teman sebaya.

Selanjutnya para peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign mengatakan bahwa penyertaan makanan kaya lutein ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif secara keseluruhan pada individu paruh baya.

“Seiring bertambahnya usia, mereka mengalami penurunan yang khas. Namun, penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa proses ini dapat dimulai lebih awal dari yang diperkirakan. Anda bahkan bisa mulai melihat beberapa perbedaan di tahun 30an,” kata penulis pertama studi Anne Walk.

Terlepas dari otak, para peneliti mengukur lutein pada mata peserta dengan membuat mereka melihat ke dalam ruang lingkup dan merespons cahaya yang berkedip-kedip. Kemudian, dengan menggunakan elektroda pada kulit kepala, mereka mengukur aktivitas syaraf di otak sementara partisipan melakukan tugas kognitif.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular