Erabru.net. Bocah kecil ini terlahir dengan tangan cacat. Tapi, hari ini dia adalah seorang pembuat model 3D termuda, yang mampu menyebarkan sukacita sambil menginspirasi banyak orang!

Cameron Haight lahir dengan anggota badan yang cacat karena sindroma amniotic band, sebuah kondisi di mana untaian fibrosa tipis mengkerut di sekitar kaki atau tangan bayi yang sedang berkembang, yang menyebabkan tangan atau kakinya cacat. Akibatnya, terlepas dari salah satu jari dan jempolnya, semua jarinya sangat pendek dan menyatu.

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

Tepat setelah dilahirkan, Cameron menjalani operasi selama sembilan bulan, sehingga jari –jari tangan dan kakinya bisa dipisahkan, dan mendapatkan lebih banyak fleksibilitas.

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

Selalu sulit bagi Sarah Haight, ibu Cameron, untuk melihat anaknya menjadi pusat perhatian semua orang karena mereka semua menilai penampilannya yang berbeda dengan anak lainnya.

“Banyak orang yang melihatnya terus-menerus, semua orang ingin melihat anak saya saat ia baru lahir. Tapi setelah melihatnya, mereka terlihat ketakutan,” kata Sarah dalam sebuah laporan oleh Caters News .

Dia teringat salah satu kenangannya yang paling tidak menyenangkan, “Seorang wanita datang berlari mendekat untuk menatapnya dan berteriak, ‘Ya Tuhan, apa yang terjadi padanya?’ Ada saat ketika saya tidak berada dalam posisi emosional yang tepat untuk menjelaskan kondisinya secara panjang lebar, jadi saya menahannya.”

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

Beberapa operasi dan cangkok kulit telah dilakukan Cameron untuk memberinya lebih banyak penggunaan tangannya, namun sayangnya tetap saja tidak cukup.

Syukurlah, pada suatu hari dia menerima sebuah tangan tiruan 3D dari dua temannya di Carolina Selatan, dan hidupnya berubah 180 derajat!

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

“Sebelumnya, kapan pun kita pergi keluar, dia akan menutupi tangannya, tidak peduli seberapa banyak kita mendorongnya agar tak perlu malu, terutama jika kita memintanya untuk menunjukkan tangannya pada seseorang,” kata ibunya.

“Memiliki tangan 3D telah merubah semua stigma dari perbedaan anggota tubuhnya dan memberinya kekuatan positif. Sekarang, dia sangat suka memamerkan perbedaannya itu.”

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

Tapi cerita Sarah tidak hanya berakhir di sana. Setelah terinspirasi oleh perubahan besar dalam perilaku yang dipamerkan anaknya, Sarah memutuskan untuk belajar membuat tangan 3D yang dicetak sendiri!

Kemudian, Cameron menemukan dunia baru untuk membuat tangan prostetik 3D secara online, dan ibunya pun mendaftarkan Cameron di sebuah penampungan untuk anak-anak yang bernasib sama dengannya, di mana anak laki-laki itu mencoba membuat desain sendiri.

Melihat betapa Cameron menikmati dan belajar darinya, Sarah menghubungi badan amal bernama Enabling the Future .

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

Sejak saat itu, ibu dan anak lelaki ini terus membuat tangan buatan 3D untuk anak-anak lain.

“Dia baru berusia empat tahun, tapi dia benar-benar hebat dalam hal ini, dia, menemukan file contoh bentuk tangan tiruannya, ukuran, skala dan mencetaknya, lalu kami mengumpulkannya. Sangat menyenangkan untuk menyaksikannya beraksi seperti itu,” kata Sarah.

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

“Kapan pun kita mencetak tangan buatan untuk anak-anak lain, dia selalu bertanya apakah itu untuk anak laki-laki atau perempuan, warna apa yang mereka inginkan dan sangat menikmati semuanya.”

“Kemudian ketika kita membawa tangan prostetik ke tempat penampungan anak yang memiliki ‘perbedaan’ dari anggota tubuhnya, dia menjelaskan bagaimana cara menggunakan alat itu dan merasa senang saat menunjukkan bagaimana mekanisme tersebut bekerja,” katanya.

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

“Tangan buatan ini nampaknya sangat bagus dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak yang memiliki kecacatan tangan mereka. Beberapa dari mereka diintimidasi di sekolah atau mereka cenderung menyembunyikan perbedaan anggota tubuh mereka, tapi begitu mereka mendapatkan tangan ajaib ini, atau ‘tangan robot’ mereka-mereka tampaknya mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri,” katanya.

(Foto : Facebook | Sarah Haight)

Sarah mengatakan bahwa anaknya telah berubah menjadi orang lebih baik dengan bantuan tangan prostetik 3Dnya tersebut.

“Mengetahui anak laki-laki saya sekarang bisa membuat tangan yang mengubah kehidupan orang lain, itu benar-benar luar biasa,”katanya. (intan/yant)

Sumber: ntd.tv

 

Share

Video Popular