Erabaru.net. Ribuan anak-anak dan orang dewasa di pedesaan India masih menghadapi kehidupan yang penuh ketidakpastian karena kurangnya fasilitas kesehatan yang tepat.

Sepertinya sistem kesehatan saat ini hanya melayani kebutuhan orang-orang yang tinggal di perkotaan saja.

Apalagi, kenyataan bahwa fasilitas kesehatan lebih mudah diakses orang-orang yang mampu membayar layanan kesehatan yang mahal.  Sungguh fenomena yang cukup mengerikan.

Kesedihan yang menyedihkan dari mereka yang tinggal di desa-desa terpencil pun tersorot karena seorang wanita hamil  terpaksa naik sepeda dengan suaminya menuju ke rumah sakit di kota, saat ia hendak melahirkan.

Sushila, yang berasal dari Sonaipur, distrik Potapani, India harus bepergian dengan suami untuk menuju ke rumah sakit di ibukota distrik Potapaniyang berjarak sekitar 14-15 kilometer dari rumah, hanya untuk persalinan.

Ekspedisi Mahatari, layanan ambulans keliling di India yang bertugas membantu ibu hamil di desa-desa terpencil hanya bisa dicapai dengan radius 4-5 km dari desa, karena kondisi jalan yang buruk.

Apalagi, layanan ambulans ini belum memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap.

Ini berarti Sushila beserta teman-teman dan keluarganya harus melewati perjalanan jauh ke kota.

Raghunath Singh, suami Sushila terpaksa membawa istrinya ke rumah sakit dengan menaiki sepeda, dimana mereka harus melintasi jalanan berbatu, bahkan Sushila terlihat bertelanjang kaki.

Terkadang, Sushila dan Raghunath beristirahat di pinggir jalan berdebu akibat kelelahan, sebelum akhirnya berhasil mencapai rumah sakit di kota.

Jumlah kesulitan yang dialami orang-orang di daerah pedesaan untuk mendapatkan akses kesehatan dari hari ke hari benar-benar memilukan.

Kegagalan untuk menyediakan infrastruktur keseharan dasar ke daerah pedesaan adalah suatu kebijakan yang perlu ditangani secepatnya.

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV/naidunia.jagran

Share

Video Popular