Erabaru.net. Akash, bocah berusia 7 tahun yang berasal dari Padur, sebuah desa di pinggiran Chennai, India adalah anak yang bijak.

Ketika kebanyakan anak seusianya tinggal dan menikmati masa-masa indah kanak-kanak, Akash telah mengambil inisiatif membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik seorang diri.

Dia menaruh minat dalam menangani masalah publik. Semuanya berawal saat dia menyaksikan sebuah kecelakaan yang menewaskan seorang anak berusia 19 tahun, hanya karena korbannya tidak memakai helm.

Kredit: Screenshot YouTube .

Sejak usia lima tahun, Akash telah meneriakkan orang untuk memakai helm saat berkendara. Kemudian ia melakukan demo untuk mencabut pohon Karuvelam dan penutupan toko minuman keras di negara bagian Chennai.

Aksinya tersebut melambungkan namanya, sehingga ia dikenal sebagai aktivis cilik yang pemberani. Dia terus menjadi berita utama di seluruh media cetak Tamil Nadu.

Baru-baru ini, ia mengambil inisiatif untuk membersihkan Periyakulam, sebuah sumber air seluas 10 hektar di desanya, Padur, India.

Kredit: Screenshot YouTube .

Menurut penduduk setempat, sumber air tersebut telah berusia lebih dari 100 tahun dan berperan penting sebagai tempat penampungan air tanah. Apalagi sumber air ini sangat penting bagi para petani.

Namun, sumber air tersebut sekarang dipenuhi oleh tumpukan plastik dan limbah kimia dari pabrik yang ada di sana. Karena baik badan lokal maupun pemerintah negara bagian tidak pernah memerhatikan kesejahteraan sumber air ini, Akash pun memutuskan untuk mengumpulkan teman-temannya untuk memulihkan kembali sumber air tersebut.

Kredit: Facebook | Jaya Prakash .

Sebanyak 100 relawan, termasuk diantaranya hampir selusin anak-anak kecil bergabung dalam aksi pembersihan sumber air dan telah bersumpah untuk tidak menyerah dalam proses membersihkan sumber air ini.

Anak-anak itu juga meminta pemerintah negara bagian untuk mengaktifkan semua sumber air di negara bagian tersebut.

Anak-anak seperti ini sangatlah istimewa, karena mereka tidak hanya memberi teladan bagi orang lain untuk diikuti.  Tetapi, mengingatkan pejabat pemerintah untuk mematuhi tugas mereka yang seringkali terlupakan.

Wah, kita sebagai orang dewasa, jangan sampai kalah dengan aksi berani dan berjiwa sosial yang dilakukan para aktivis cilik ini ya!

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular