Erabaru.net. Sajian panganan sekedar cemilan atau bahkan memenuhi kebutuhan protein atau gizi dengan tubuh tak hanya dimasak belaka. Panganan tradisional seperti jagung, ubi/ketela bisa disajikan dengan cara lainnya.

Berikut Ini :

Jagung bakar ala microwave

Caranya :

1. Cuci –bersih dengan memasukkan jagung utuh berikut kulitnya ke dalam air.

2. Masukkan ke dalam microwave, panaskan dengan api (suhu) tinggi sekitar 5 menit, dan kamu pun sudah bisa menikmati jagung yang harum manis-empuk, serasa nendang begitu meresap ke dalam mulut!

Ubi jalar/ketela rambat panggang dengan microwave

Caranya 。

1.Ubi jalar dicuci bersih dulu, pertahankan air dipermukaan kulitnya.



2. Setelah itu bungkus dengan kertas tisu.

Tips: Bungkus ubi jalar dengan kertas tisu,dengan demikian bisa membuat kadar airnya menguap perlahan,dan tidak akan membuat isi daging ubi jalar terlalu kering ~

3. Masukkan ke dalam microwave, panas-matangkan secara bolak balik masing-masing sisi selama 3 menit dengan suhu tinggi, 6 menit kemudian, ubi jalar yang harum semerbak pun sudah bisa kamu nikmati!

Cara cepat memasak-matangkan kentang yang alot

Langkah-langkah :

1.Cuci bersih dulu kentangnya, setelah itu masukkan ke dalam kantong plastik pembungkus buah-sayuran, kemudian tusuk beberapa lubang dengan tusuk gigi.



2.Setelah itu, masukkan ke dalam microwave, kemudian panaskan dengan suhu tinggi selama 5 menit, dan kentang yang tadinya keras pun menjadi lunak dan empuk di mulut .

Bagaimana jika tidak ada microwave di rumah?

Tidak perlu galau, coba pelajari beberapa jurus berikut ini, dijamin bisa dengan cepat mematangkan kentang keras yang membandel!

1. Cuci bersih kentangnya, kemudian tusuk kentang hingga tembus ke ujung dengan sumpit logam atau benda tajam yang bersih.

2. Setelah itu, masukkan kentang ke dalam panci, dan rebus selama 5 menit dengan api besar, beberapa menit kemudian kentang kesukaan kamu pun siap dinikmati.

Tips: Sifat konduktivitas termal dari logam sangat baik, bisa lebih cepat menghantar panas ke bagian dalam kentang, sehingga kentang pun lebih cepat matang.

Kentang yang telah matang bisa langsung dinikmati, atau bisa juga diolah menjadi makanan nikmat kentang lainnya lho.

Cara cepat membuat pancake kentang

Bahan : Mashed potato (Kentang tumbuk-kentang yang dilumatkan) 200 gram, 1 butir telur, keju secukupnya, daun bawang , terigu protein sedang, minyak kacang, yogurt secukupnya.

Langkah-langkah :

1.Masukkan adonan kentang ke dalam mangkuk, tambahkan keju, telur, daun bawang dan  sendok makan tepung, aduk rata.

2.Kemudian buat bulatan kentang (lihat gambar) sesuai ukuran, lalu tekan ratakan, taburi tepung secukupnya.

3. Panaskan teflon dengan api sedang, tuang minyak kacang secukupnya, setelah minyaknya panas, masukkan kentang yang telah digepengkan, goreng bolak balik sekitar 3 menit, dan angkat-tiriskan setelah kedua sisinya menguning keemasan

Tips: Minyak harus cukup, jangan terlalu cepat dibalik saat proses penggorengan, kalau tidak permukaan kulitnya tidak akan renyah.

4.Setelah matang, segera taburi dengan garam secukupnya atau seseuai selera, hiasi dengan beberapa daun bawang, beres dan siap dinikmati !

Cara cepat rebus telur

Langkah-langkah

1. Alasi dengan 5 lembar kertas tisu ke dalam panci/wadah rice cooker, tuang setengah gelas air

2. Telurnya langsung letakkan di atas kertas tisu.

3. Tekan tombol memasak pada rice cooker, di bawah efek uap air, kurang dari 5 menit telur yang ditunggu-tunggu pun matang.

Warna telur yang direbus dengan cara ini jauh lebih merata, lembut, dan cangkangnya mudah dikupas.

Susu telur panggang

Bahan : Telur, susu, keju (opsional), daun bawang.
Langkah-langkah

1. Basahkan/celupkan kertas tisu gulung dapur dengan sedikit minyak zaitun, kemudian lumuri sisi mangkuk secara melingkar.

2. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan sesendok susu, atau boleh juga diganti dengan mentega kalau suka.

3. Aduk merata dengan garpu, agar kuning, putih telur dan susu menyatu.

4. Setelah itu tutup mangkuk dengan kertas tisu gulung, lalu masukikan ke microwave dan panaskan selama 50 detik dengan suhu tinggi.

5. Setelah itu, keluarkan telurnya, kemudian tambahkan halusan keju dan daun bawang, lalu masukkan ke dalam microwave dan panggang dengan suhu tinggi sekitar 30-45 detik, susu telur panggang yang menggoda selera pun siap dihidangkan!

(joni/asr)

Sumber : wechatpress

Share

Video Popular