Erabaru.net. Dengan pemberitaan media yang berlebihan saat meliput kecelakaan pesawat, pengalaman buruk yang dialami penumpang saat penerbangan dan laporan negatif lainnya, membuat banyak orang merasa ketakutan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.

Sementara orang lain di sekitar Anda mungkin bisa tidur nyenyak saat terbang, saraf Anda mulai tak karuan dan jantung Anda mulai berdetak cepat, tidak seperti sebelumnya.

Bagi mereka yang sangat takut terbang, metode pernapasan dan pikiran positif ini akan membantunya

Nah, berikut ini beberapa tips untuk melawan ketakutan dan kecemasan saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Gulir ke bawah untuk melihat beberapa pilihan yang lebih andal dan efektif untuk mengatasi ketakutan Anda.

(Foto : Facebook | Factrivia )

1. Kursus takut terbang

Jika rasa takut Anda terbang terutama karena sering mendengar kecelakaan maut pesawat dari media, maka Anda harus mendaftarkan diri dalam sebuah kursus yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan terterntu. Pilot, staf penerbangan, dan psikolog akan memandu Anda menaiki pesawat yang sesuai dengan prosedur keselamatan penerbangan.

2. Turbulensi

Setidaknya satu dari sepuluh orang ketakutan yang disebabkan oleh turbulensi. Gunakan beberapa teori, salah satunya dengan menganggap seperti saat berkendara dengan menggunakan mobil di jalan yang buruk. Dari perspektif pilot, biasanya mereka lebih memperhatikan kenyamanan penumpang daripada keamanannya.

3. Statistik

Carilah statistik korban kecelakaan pesawat, dan Anda akan merasa bersyukur mengetahui bahwa tingkat kematian dalam kecelakaan pesawat terbang cukup kecil, yaitu 1:30 juta jiwa. Kesempatan Anda untuk meninggal karena keracunan makanan lebih besar daripada meninggal dalam kecelakaan penerbangan!

(Foto : Facebook | Woman and Home Magazine)

4. Pelajari bagaimana fungsi pesawat terbang

Setiap sebelum penerbangan, pemeriksaan pesawat terbang selalu dilakukan. Pemeriksaan sementara dilakukan tidak kurang dari sekali setiap 3 bulan dan pemeriksaan dan perawatan penuh dilakukan setiap 5 tahun sekali.

5. Belajar pengalaman penerbangan dari orang lain yang pernah melakukan penerbangan

Jika Anda pertama kalinya bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, lebih baik Anda belajar terlebih dahulu tentang bagaimana perasaan Anda saat berada di dalam pesawat dari orang lain. Informasi pengalaman penerbangan dari mereka yang sudah pernah naik pesawat bisa membantu Anda mengatasi ketakutan dalam penerbangan.

6. Ambil penerbangan virtual

Program penerbangan virtual, dimana Anda diharuskan untuk mengikuti serangkaian simulasi penerbangan yang mirip dengan penerbangan aslinya, dan diketahui sangat membantu.

(Foto : Screenshot)

7. Cobalah untuk lebih sering terbang

Ramuan rahasia untuk menghentikan ketakutan Anda adalah lebih sering terbang.

8. Hindari kabar buruk dan gossip

Cobalah untuk mengabaikan berita dan hal-hal yang akan menimbulkan ketakutan irasional terhadap pesawat terbang. Percayakan pada kru dan awak pesawat yang profesional dan berpengalaman, yang lebih berkompeten saat menghadapi keadaan yang paling tidak terduga.

(Foto : Facebook | Mamamia)

9. Sibukkan diri Anda dengan melakukan sesuatu

Membaca buku, mengobrol dengan teman sebangku, memakan beberapa makanan ringan atau bermain game, menonton film atau bermain di ponsel Anda dapat membuat pikiran Anda tidak terfokus untuk mencemaskan saat penerbangan.(intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular