Erabaru.net. Mungkin kita pertama akan panik saat melihat darah di ludah kita. Tapi mungkin ada banyak alasan di baliknya. Beberapa dari mereka bisa menjadi serius sedangkan beberapa bisa menjadi masalah kecil.

Terkadang, alasan sederhana seperti menggunakan sikat gigi keras juga bisa membuat Anda berdarah di dalam mulut dan ludah Anda berdarah. Dalam kasus seperti itu, masalahnya akan terpecahkan dalam satu atau dua hari saat luka itu sembuh sendiri.

Tapi beberapa penyebab bisa mematikan. Darah dalam air liur dikenal sebagai Stomatorrhagia. Darah bisa berasal dari hidung, saluran udara, tenggorokan, gusi atau jaringan di sekitarnya yang berdarah. Hanya dokter yang bisa mengidentifikasi asal-usulnya.

Fakta # 1

Saat Anda meludah, jika Anda mengamati ada darah dalam air liur Anda, itu bisa dari perut atau kerongkongan. Jika Anda batuk dan ludah berdarah, bisa juga dari tenggorokan, paru-paru atau saluran pernapasan.

Fakta # 2

Bila Anda memiliki gejala seperti muntah, batuk, napas bau, gusi berdarah, rasa tidak enak di mulut, masalah pernapasan, luka mulut dan masalah seperti itu bersama dengan darah dalam air liur, Anda harus segera mendatangi dokter.

Fakta # 3

Beberapa infeksi juga bisa menyebabkan masalah ini. Infeksi virus, infeksi bakteri atau bahkan infeksi jamur memang menyebabkan pendarahan. Gingivitis, luka di mulut atau lidah atau pipi bisa menyebabkan pendarahan.

Fakta # 4

Bahkan masalah sinus, infeksi tenggorokan, infeksi perut, bronkitis, tuberkulosis dan infeksi saluran pernafasan dan paru-paru lainnya juga bisa membuat Anda meludah darah.

Fakta # 5

Beberapa jenis kanker juga bisa menyebabkan pendarahan. Jika Anda merokok atau mengunyah tembakau atau sirih, risiko terkena kanker mulut bisa tinggi. Darah dalam ludah bisa disebabkan oleh leukemia, limfoma, kanker tenggorokan atau kanker mulut juga.

Fakta # 6

Zat beracun yang ditelan atau dihirup juga bisa menyebabkan pendarahan. Jika Anda telah mengonsumsi zat beracun atau zat kaustik, pendarahan bisa terjadi. Beberapa jenis narkotika juga menyebabkan meludah darah.

Fakta # 7

Bahkan kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pendarahan di mulut. Menggunakan obat apa pun atau zat yang menipiskan darah Anda juga bisa menjadi alasan. Bahkan terapi radiasi pun bisa menyebabkannya.

Lebih baik mengunjungi dokter untuk mengetahui alasan sebenarnya di balik darah dalam air liur.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Video Rekoemndasi:

Share

Video Popular