Erabaru.net. Peningkatan kadar polusi dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan. Paparan ozon, efek rumah kaca dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke, demikian menurut penelitian baru terhadap orang dewasa di Tiongkok.

Ozon adalah polutan yang terbentuk melalui reaksi kimia yang terjadi saat sinar Matahari berinteraksi dengan nitrogen monoksida dan senyawa organik lainnya yang dipicu oleh pembakaran batu bara, buangan kendaraan dan beberapa sumber alami.

Junfeng Zhang, peneliti dari Universitas Duke dan Universitas Duke Kunshan bersama dengan koleganya, meneliti 89 orang dewasa sehat yang tinggal di Kota Changsha, Tiongkok selama satu tahun.

Mereka memantau tingkat ozon indoor dan outdoor, bersama dengan polutan lainnya.

Pada empat interval, tim peneliti mengambil sampel darah dan urine peserta dan menggunakan tes pernapasan yang disebut spirometri untuk memeriksa seperangkat faktor yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan pernapasan.

Tim meneliti peradangan dan stres oksidatif, kekakuan arteri, tekanan darah, faktor pembekuan dan fungsi paru pada peserta.

Mereka mencatat aktivasi platelet darah, yang merupakan faktor risiko pembekuan darah, dan peningkatan tekanan darah, menunjukkan kemungkinan mekanisme dimana ozon dapat memengaruhi kesehatan kardiovaskular.

Efek ini ditemukan dengan paparan ozon lebih rendah daripada yang mempengaruhi kesehatan pernapasan, dan lebih rendah dari standar kualitas udara Environmental Protection Agency (EPA) AS saat ini.

“Studi ini menunjukkan bahwa standar untuk paparan ozon yang aman harus memperhitungkan pengaruhnya terhadap risiko penyakit kardiovaskular,” kata Zhang.

Temuan oleh tim dari Duke University, Universitas Tsinghua, Universitas Duke Kunshan dan Universitas Peking, ini diterbitkan di jurnal JAMA Internal Medicine AS.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular