Erabaru.net. Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Karena berbagai alasan tubuh bisa kekurangan nutrisi penting ini, dan ini akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Fungsi utama vitamin D dalam tubuh adalah untuk meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan yang kita makan dan juga suplemen lainnya. Bila tubuh gagal dalam proses ini, hal itu akan memengaruhi tulang.

Selain itu, vitamin D juga dituntut untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Dibandingkan dengan laki-laki, perempuanlah yang terutama sangat rawan kekurangan vitamin D.

Untuk menjaga tingkat vitamin D di dalam tubuh, dan memenuhi kekurangannya, ada beberapa makanan yang membantu seperti ikan berlemak, kuning telur, jamur, susu dan yogurt.

Selain itu, sinar Matahari pagi adalah sumber penting lain dari vitamin D. Mandi sinar Matahari selama sekitar 10 menit setiap hari membantu mencegah kekurangan vitamin D.

Berikut adalah beberapa tanda umum pada wanita yang menunjukkan tubuh mereka kekurangan vitamin D.

1. Lemah

Bila tubuh tidak mampu menyerap kalsium karena kekurangan vitamin D, ini membuat Anda kelelahan dan lemah. Memiliki jumlah vitamin D yang cukup dalam tubuh sangat penting untuk memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk melanjutkan pekerjaan sehari-hari.

2. Nyeri tulang dan otot yang parah

Salah satu tanda kekurangan vitamin D yang sering ditemukan pada wanita adalah nyeri tulang dan otot yang parah. Seiring seseorang cenderung menua, kelemahan tulang bisa menjadi masalah umum tapi ketika nyeri otot terjadi di kalangan orang muda, maka ini bisa jadi karena kekurangan vitamin D di tubuh.

3. Sering patah tulang

Bila tulang menjadi lemah, bahkan dengan sedikit pun terjatuh Anda akan cenderung mengalami patah tulang. Ini adalah tanda besar lain yang menunjukkan tubuh kekurangan vitamin D.

4. Sering sakit

Kekurangan vitamin D dalam tubuh bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Karena masalah ini seseorang cenderung sering jatuh sakit. Vitamin D meningkatkan tubuh untuk menghasilkan senyawa antimikroba yang benar-benar membantu dalam melawan infeksi dan membuat Anda bebas dari penyakit.

5. Depresi

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan depresi, terutama di kalangan wanita. Telah terbukti bahwa vitamin D penting untuk berfungsinya otak dengan baik. Jadi ketika tubuh kekurangan vitamin D, itu menyebabkan depresi dan masalah kesehatan mental terkait lainnya.

6. Luka sulit sembuh

Kurangnya vitamin D dalam tubuh bisa menyebabkan penyembuhan luka pada wanita secara lambat. Bila penyembuhan luka lebih lambat dari biasanya, mengidikasikan Anda kekurangan vitamin D.

7. Kerontokkan rambut yang parah

Stres bisa menyebabkan rambut rontok. Tapi selain itu diet Anda juga berperan penting dalam hal rambut rontok. Kurangnya nutrisi tertentu dalam tubuh, terutama vitamin D menjadi penyebab utama, menyebabkan rambut rontok yang signifikan di kalangan wanita.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular