Erabaru.net. Kekuatan militer India adalah salah satu yang terbesar di dunia. Mereka telah mendapatkan banyak reputasi dalam hal keberanian.

Pada serangkaian pekerjaan tentara, di mana luka yang mengancam jiwa adalah resiko dari pekerjaan, tentara bekerja dengan keras dan tidak mudah tergoyahkan!

Sama halnya dengan Deepchand Prakhyat. Dia harus kehilangan kedua kakinya dan telapak tangannya saat bertugas sebagai tentara, namun prajurit ini memaknai cideranya sebagai sebuah medali yang berharga!

Deepchand lahir di Hissar, Haryana, India. Saat masa pertumbuhan, ia sering mendengarkan cerita tentang perang dan bagaimana kehidupan tentara zaman dahulu dari kakeknya.

Kredit: Quint .

Itulah yang menginspirasinya untuk bergabung sebagai tentara India. Dia memulai perjalanan karirnya pada tahun 1989 sebagai penembak di Tentara Angkatan Darat India.

Keteguhan dan tekadnya menarik perhatian komandan dan rekan-rekan seperjuangannya.

Menurut sebuah laporan dari YourStory, kapten Deepchand,  Kolonel AK Mehendiratta mendeskripsikan dia sebagai ‘orang langka yang sulit ditemukan’.

Dia pergi menyamar selama 6 bulan di sebuah desa di Kashmir di bawah Operasi Dargaam. Ini adalah misi sukses yang banyak dipuji oleh media.

Kredit: Quint .

Deepchand memainkan peran penting dalam Perang Kargil. “Kami tidak menginginkan makanan. Kami menginginkan peluru. Rekan-rekan seperjuangan dan saya akan meminta orang yang bisa membuat kami  membawa lebih banyak amunisi,” katanya kepada The Quint .

Setelah meraih kemenangan, mereka mendapat sentakan lain dari anggota DPR.

Deepchand dan tim tentaranya dtempatkan di Rajasthan dalam kondisi ‘standby’ dan tetap selalu waspada. Namun, sebuah tragedi terjadi, di mana sebuah bom meledak tanpa disengaja saat menyiapkan amunisi.

Kredit: Quint .

“Dalam ledakan itu, saya kehilangan jari. Kemudian kedua kaki dan lengan kanan saya harus diamputasi. Setelah 24 jam, saya siuman,” kata Deepchand kepada The Quint .

Waktunya di tentara pun harus berakhir, tapi dia tidak membiarkan hal itu menghentikannya langkahnya dalam kehidupan.

Deepchand, dengan bantuan alat prostetik, belajar mengendarai skuter, bahkan bagaimana cara menggunakan komputer.

Ketika ditanya apakah dia menyesal karena telah mengalami kejadian tersebut, dia mengatakan: “Kecelakaan itu bisa saja terjadi pada saya dalam profesi apa pun. Setidaknya takdir saya sudah digariskan seperti itu. Saya ingin terlahir kembali sebagai tentara. Tidak ada hal yang lebih baik selain melayani negara Anda.”

Dedikasinya untuk melayani negaranya amatlah tinggi dan patut diapresiasi!

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular