Erabaru.net. Seorang lelaki yang miskin secara tidak sengaja menggores mobil BMW yang sedang parkir di pinggir jalan. Tapi dia dengan jujur meninggalkan catatan dan menyesali perbuatannya dengan harapan pemilik mobil tersebut akan memberi waktu padanya untuk membayar ganti rugi.

Tetapi tidak pernah menyangka pemilik kereta tersebut akan tersentuh dengan keikhlasannya dan beliau diambil kerja oleh pemilik BMW tersebut.

Pada hari itu, Qinlong, nama bapak itu dan anak-anaknya berjalan-jalan dan secara tiba-tiba Qinlong tanpa sengaja menggores meobil BMW yang sedang parkir di pinggir jalan. Tapi dia tidak lantas kabur untuk menghindari pertanggungjawaban.

Doa mengantar anak-anaknya ke rumah dan pergi ke warung untuk mendapatkan kertas dan pena untuk menulis catatan.

Dia menulis catatan permintaan maaf dan meletakkannya di wiper kaca mobil BMW tersebut.

(Foto : goodtimes)

Qinlong dalam catatan itu menulis permintaan maaf dan mengatakan bahwa dia tidak bekerja seiring bisnisnya yang gagal, malah keluarganya sedang menghadapi masalah ekonomi. Dia hanya mempunyai 100 yuan.

“Saya secara tidak sengaja menggores mobil Anda dan saya mesti bertanggungjawab, jadi tolong terima 100 yuan saya terlebih dahulu dan tolong beri saya waktu untuk membayar kekurangannya.
Beri saya waktu 2 atau 3 bulan untuk membayar sisa ganti rugi. Saya memberi jaminan kepada Anda bahawa saya tidak akan melarikan diri.

Pemilik BMW mengatakan bahawa setelah melihat catatan itu, reaksi pertamanya adalah takut orang ini mungkin seorang yang mempunyai niat yang tidak baik.

Lalu, pemilik BMW itu meminjam telepon rakannya dan menelepon Qinlong, dia berbohong mengatakan bahawa mobil yang tergores itu adalah Mercedes-Benz.

(Foto : goodtimes)

Qinlong menjawab dengan jujur mengatakan dia menggores mobil BMW bukan Mercedes-Benz.

Qinlong berkata dengan cemas: “Adakah Anda teman pemilik mogil? Bisakah Anda membantu saya mencarinya? Saya perlu memberitahunya bahawa saya secara tidak sengaja menggores mobilnya dan saya bersedia bekerjasama.”

Pemilik BMW merasa nyaman dan merasakan bahwa Qinlong bukanlah seorang lelaki yang jahat tetapi jujur dan penuh tanggung jawab.

Pemilik BMW menjemput Qinlong dan menjelaskan bahwa untuk memperbaiki mobilnya menelan biaya 1900 yuan, tetapi melihat Qinlong adalah seorang yang jujur, dia memutuskan untuk tidak meminta Qinlong membayar ganti rugi tersebut.

Qinlong pula berkata: “Saya sudah merusakkan mobil Anda dan saya benar-benar perlu membayar ganti rugi. Saya tidak mahu menentang prinsip kehidupan saya.”

(Foto : goodtimes)

Selepas mendengar kata-kata Qinlong, pemilik BMW telah tersentuh.

Pemilik BMW kemudiannya memberitahu Qinlong: “Karena Anda bersungguh untuk membayar ganti rugi kepada saya dan kebetulan saya kurang pegawai, mengapa Anda tidak datang ke perusahaan saya dan bekerja? Saya benar-benar mengagumi kejujuran Anda dan Anda bisa membayar ganti rugi dengan Anda bekerja pada saya dan kita juga bisa menjadi kawan! “

Pemilik BMW juga mengatakan akan bertemu Qinlong dan dia juga tidak peduli dengan biaya perbaikan mobil. Itu karena kejujuran Qinlong yang menyentuh perasaannya.

“Di masyarakat saat ini, orang-orang seperti Anda sudah langka dan jika Anda dapat membantu saya dalam bisnis saya, saya akan sangat dihormati,” kata pemilik BMW.

Cerita ini dikutip dari internet tapi sangat berarti untuk menginspirasi dan mengajari kita. Kejujuran dan ketulusan itu penting di masyarakat. (yant)

Sumber: erabaru.my

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular