Erabaru.net. Meski terlihat seperti perpaduan antara orang tua dan bayi yang indah saat berbaring bersama, namun terlalu sedikit dari kita yang mungkin tahu bahaya membiarkan bayi yang baru lahir tidur dengan cara ini, sangat berbahaya!

Seorang ayah mengetahui hal ini dengan cara yang tak pernah ia duga.

Getty Images | Joe Petersburger

Pada tahun 2010, Dr. Sam Hanke, seorang ahli jantung anak-anak, menyatakan bahwa anak laki-lakinya yang berusia empat minggu bernama Charlie, telah meninggal, setelah istrinya selesai menyusui dia.

Sang ayah segera tertidur dengan anaknya yang dibaringkan di atas dadanya.

Ia tak tahu bahwa postur ini ternyata bisa membahayakan anak laki-laki itu.

Instagram | Kylelape2010

“Setelah menyusui, saya duduk di sofa untuk menonton TV dan suami saya membawa anak saya. Mereka tidur bersama, dengan posisi anak saya ditidurkan di atas dadanya. Beberapa jam kemudian saat saya ke kamar mereka, saya menemukan Charlie tak bernafas,” kata sang ibu pada Fatherly .

Kematian Charlie ini diduga akibat mengalami Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS atau SUIDS), yang berasal dari posisi tidurnya tersebut.

“Dari 4.000 bayi yang meninggal karena SUIDS setiap tahunnya, sebagian besar meninggal saat berada di atas tubuh ayahnya, dan mati lemas. Dokter UGD dan dokter anak telah sering menemukan tragedi itu secara teratur,” tambah Hanke.

Instagram | Reyes_jose_iii

Setelah kematian Charlie, Hanke dan istrinya mendirikan sebuah organisasi bernama “Charlie’s Kids” untuk menghormati putra mereka.

Juga untuk mendidik orang tua tentang keselamatan bayi saat mereka tidur.


Instagram | Iamabfalecbaldwin

“Kami berharap banyak orang menyadari bahwa, ‘Wow, anak itu berada dalam lingkungan tidur yang tidak aman.’ Kami berharap hal itu akan semakin dikenal semua pihak,” ucap Hanke. (intan/rp)

Video Rekoemndasi:

Share

Video Popular