Eabaru.net. Melon kaya akan antioksidan flavonoid, yang dapat mencegah berbagai macam kanker. Ia adalah salah satu buah yang paling populer di musim panas. Selain mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut, penyakit lainnya seperti kanker perut, kanker hati, kanker kolorektal juga takut pada melon !

Melon sangat bermanfaat bagi kulit tubuh manusia, bisa secara efektif mencegah kerusakan kulit yang lembut akibat paparan sinar Matahari.

Selain itu, buah melon juga berkhasiat untuk mendinginkan kulit yang terbakar oleh Matahari, dan juga mengandung zat astrigent yang bermanfaat sebagai tonik untuk mendinginkan wajah yang terbakar akibat sinar Matahari

Sinar ultraviolet musim panas bisa menyerang dermis melalui permukaan kulit, yang mana lambat laun akan muncul keriput, kendor dan beragam masalah kulit. Melon mengandung banyak vitamin C, jadi punya efek ini, dengan mengonsumsi melon secara teratur dapat mencegah keriput.

Makan melon juga dapat mendorong proses pembentukan darah, sehingga melon bisa digunakan sebagai produk makanan untuk anemia. Bisa menyembuhkan sengatan panas, demam, dahaga, infeksi saluran kemih dan gejala lainnya.

Menurut kedokteran Tiongkok, buah melon lebih condong bersifat dingin. Kandungan mineral yang terdapat pada melon mampu menghilangkan keasaman tubuh yang mengganggu pencernaan, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan pencernaan, khususnya di organ lambung.

Melon juga baik untuk mengatasi sembelit.

Selain itu, kandungan antikoagulan-nya mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Melon juga mengandung banyak zat karotenoid yang mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Karena bersifat dingin, sebaiknya jangan makan melon terlalu banyak, agar tidak menimbulkan diare. Seperti menderita beri-beri, sakit kuning, distensi perut, batuk dingin dan pascapersalinan, sebaiknya tidak makan berlebihan.

Wanita hamil bisa konsumsi melon secukupnya semasa hamil, dan hindari makan melon pasca melahirkan. Karena melon lebih condong bersifat dingin, jadi bagi mereka yang fisiknya lemah dan bersifat dingin, sebaiknya tidak konsumsi buah ini.

Sementara untuk penderita diabetes dihimbau sebaiknya hati-hati mengonsumsi melon, kandungan kalium melon sangat tinggi, dan bagi penderita gagal ginjal dengan urine jarang juga sebaiknya hindari makan melon. Semoga bermafaat !(jhn/yant)

Sumber: soundofhope

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular