Erabaru.net. Banjir telah membuat Bihar, salah satu kota India, luluh lantah.

Laporan indianexpress.com, pada 20 Agustus 2017, banjir ini memakan korban tewas sebanyak 341 jiwa, dan satu-satunya kelegaan bagi masyarakat adalah diterjunkannya Badan Penanggulangan Bencana Nasional India (NDRF).

Di antara semua malapetaka ini, ada sebuah kejadian yang tidak terduga. Di daerah yang terkena banjir ini, ada seorang ibu yang melahirkan bayinya di atas kapal petugas NDRF, yang  terlibat dalam operasi bantuan banjir dan evakuasi mulai 12 Agustus lalu.

Sebuah kehidupan baru muncul di tengah-tengah bencana banjir bandang!

Kabupaten Champaran, tepatnya di kota Bihar, India dilanda banjir bandang.

Sebuah kapal penyelamat dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional India (NDRF) menyelamatkan seorang ibu yang hendak melahirkan, dan menjalani persalinan bayinya di atas kapal.

NDRF menemukan Manisha Devi, 28, istri Nand Kishore Sahni, saat operasi evakuasi rutin di desa Patjilwa, blok Chiraiya di distrik Champaran Timur.

Warga desa mengisyaratkan tim NDRF bahwa Devi menunjukkan tanda-tanda akan segera melahirkan.

Bencana alam membuat orang begitu tak berdaya!

“Tim NDRF secara profesional mampu menangani situasi dengan perawat medis dan warga sipil. Setelah menilai kondisinya paska persalinan, akhirnya mereka memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit terdekat dengan kapal,” kata Vijay Sinha, komandan batalion NDRF ke-9 yang berbasis di Bihta, India.

Selama evakuasi, dia melahirkan seorang anak laki-laki di tengah sungai Budhi Gandak di bawah pengawasan Tenaga Medis Petugas NDRF,” lanjutnya.

“Ibu dan bayi yang baru lahir ini telah dirawat di rumah sakit pemerintah terdekat di Chiraiya (Motihari) dan mereka dalam kondisi sehat,” katanya.

Seluruh wilayah tergenang air banjir di mana-mana

Credit: Indian express

Banjir telah menggenangi 18 kabupaten yang menyebabkan malapetaka dan menelan 341 korban tewas. Pemerintah Bihar telah menyediakan bantuan dana untuk membayar sejumlah biaya kesehatan, termasuk persalinan Devi.

Mencari tempat kering

Kredit: Facebook

“Kami membayar uang ini dalam kondisi seperti itu,” kata Sekretaris Khusus di Departemen Manajemen Bencana Anirudh Kumar kepada PTI.

“Hari ini, saat  mereka mengevakuasi wilayah tersebut, ada seorang wanita hamil yang ditemani walinya. Tampaknya ia akan segera melahirkan. Dan benar saja,ia melahirkan seorang anak laki-laki di kapal kami,” kata petugas NDRF  dalam pers rilis.

Misi penyelamatan berlangsung

Kredit: Facebook

NDRF sejauh ini telah memindahkan 100 wanita hamil ke fasilitas kesehatan di 18 dari 38 distrik yang terkena banjir di Bihar.

Mereka juga berhasil mengevakuasi 40.451 orang dari 150 juta jiwa yang terkena dampak banjir di Bihar. Lebih dari 2.000 orang juga diusingkan ke tenda bantuan yang didirikan di sekitar daerah yang dilanda banjir.

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular