Erabaru.net. Kita pasti sudah terbiasa dengan mata uang kita. Dan kita merasa tak asing dengan bentuk uang rupiah kita, tapi kita akan merasa rada-rada aneh ketika pemerintah mengeluarkan mata uang baru. Karena warna dan desain yang mungkin tidak biasa.

Namun tahukah Anda, ternyata ada banyak mata uang di seluruh dunia yang didefinisikan dengan kata ‘aneh’? Dari uang luar angkasa hingga koin gitar, berikut adalah 6 mata uang teraneh di dunia!

Tutup botol yang memang digunakan sebagai mata uang di Kamerun!

(Foto : Pixabay)

Di Kamerun, sebuah tempat pembuat bir membagikan hadiah yang tersimpan di balik tutup botol. Segera para pesaing juga mulai melakukan hal yang sama. Sebagai hasilnya, orang-orang Kamerun mulai menggunakan tutup botol tersebut sebagai mata uang. Dari membeli belanjaan hingga untuk membayar tarif taksi, tutup botol benar-benar berperan ganda sebagai mata uang baru.

Uang plastik di Kanada

(Foto : Instagram)

Dolar Kanada dikenal memiliki warna-warni yang beragam. Tapi bagian yang menarik tentang mata uang Kanada adalah bahwa mereka benar-benar terbuat dari plastik!

Mata uang senilai 10 Triliun!

(Foto : Instagram)

Bisakah Anda bayangkan membawa sepuluh triliun dolar di saku Anda? Dengan dolar Zimbabwe, Anda bisa melakukannya!

Sebuah hiperinflasi di negara ini pada tahun 2008 menyebabkan mata uang dicetak dengan nilai tukar minimal 10 triliun!

Mata uang di ruang angkasa!

(Foto : Wikipedia)

QUID atau Quasi Universal Intergalactic Denomination dirancang oleh Pusat Ruang Angkasa Nasional dan Leicester untuk digunakan di luar angkasa sebagai mata uang.

Mata uang berupa miniatur gitar dan mobil

(Foto : Quora)

Di Somalia, pemerintah memperkenalkan koin mainan gitar, mobil dan sepeda pada tahun 2004.

Karya seni dalam dompetmu!

(Foto : Instagram)

Diperkenalkan pada tahun 2017, mata uang Norwegia, Krones sangat dihargai oleh para seniman maupun masyarakat di seluruh dunia karena mengusung tema kesenian dan desainnya yang berkarakter dan berbeda dari mata uang lainnya.

Sangat unik bukan, uang-uang di atas? (intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular