Pria Tua Ini Memiliki 9 Putra dan 1 Putri, Hanya Karena Sepatah Kata, Putrinya Langsung Diusir dari Rumah! Beberapa Tahun Kemudian, Pria yang Sudah Renta Ini Mengemis di Rumah Putrinya

834
sembilan putra

Erabaru.net. Semasa kepemimpinan Kaisar Kang Xi, Dinasti Qing (1647-1683), di sebuah Desa Xia Chuan, Midu Countyu, Provinsi Yunnan, Tiongkok, ada seorang hartawan bernama Jin Shan, selain memiliki sembilan putra dan satu putri. Dia selalu membanggakan dirinya sebagai orang yang hebat memiliki rezeki dan kehidupan yang makmur setiap bertemu dengan siapa pun.

Suatu hari, pria tua Jin Shan memanggil sembilan anaknya dan bertanya : “Anak-anakku! Kalian menikmati anugerah (hidup) siapa ?”

Sembilan anak laki-laki-nya menjawab serentak : “Menikmati anugerah ayah.” Jin Shan tersenyum senang mendengarnya. Ia tertawa dalam hati.

Kemudian ia bertanya pada putrinya, kalau kamu menikmati anugerah siapa : “Saya menikmati anugerah saya sendiri.” (Sekadar diketahui, Jin Shan adalah tipe orang yang hanya suka mendengar kata-kata yang menyenangkan) Mendengar kata-kata putrinya ini, Jin Shan pun naik pitam dan dengan marah mengatakan “Saya beri kamu 20 Tael (mata uang zaman Tiongkok dulu-1 Tael sekitar Rp.550 ribu uang sekarang) , satu ekor kuda, pergilah kau nikmati anugerahmu itu !Dan mulai sekarang tidak usah kembali lagi.”

Putrinya tahu betul dengan sifat ayahnya, kata-kata ayahnya seperti titah kaisar, tidak bisa dijilat kembali begitu terucap, dan siapa pun tidak bisa mengubahnya.

Lalu, ia pun mengucapkan selamat tinggal pada keluarganya, kemudian menunggang kuda dan pergi dari rumahnya sambil meneteskan air mata.

Meninggalkan desa yang memberik kenangan dalam hidupnya. Seorang anak perempuan yang tidak pernah pergi jauh, ia pun tidak tahu harus kemana.