Erabaru.net. Jika Anda yakin bahwa peran dokter gigi hanya untuk mendiagnosis penyakit dan infeksi pada gigi dan  mulut, Anda sangat salah.

Dokter spesialis gigi memang mengidentifikasi penyakit lainnya yang ada dalam tubuh kita, hanya dengan melalui luka di mulut.

Dokter gigi mengklasifikasikan penyakit yang dapat didiagnosis melalui pemeriksaan dalam tiga kelompok: menular, autoimun dan karsinogenik.

Berikut ciri-cirinya:

Sifilis

Saat masih tahap awal, sifilis dapat menyebabkan lecet di mulut, yang penyembuhannya sangat lambat. Saat penyakit ini menginjak stadium lanjut, plak dan ulkus merah akan muncul di rongga mulut Anda.

Leukemia

Hal ini dapat menyebabkan gusi bengkak secara tiba-tiba dan perdarahan secara spontan.

Anemia

Penyebab lidah terlihat lebih halus. Karena itu, teksturnya kurang kasar dan warnanya lebih terang.

Bulimia

Orang yang menderita penyakit ini akan sering memuntahkan zat asam klorida ke dalam mulut. Hal ini menyebabkan kerusakan jaringan gigi dan mukosa.

bezikus / Shutterstock

HPV

Sama seperti virus HPV yang menyebabkan luka pada leher rahim, virus ini juga dapat menyebabkan luka di mulut. Bahkan saat kutil muncul di rongga mulut, segeralah diobati, sehingga tidak berevolusi menjadi kanker.

Lupus, pemphigus vulgaris dan benign pemphigoid

Penyakit autoimun ini bisa menimbulkan sariawan yang sangat lama sembuh, di sekitar area rongga mulut Anda .

Diabetes

Karena sulitnya menyerap glukosa, penderita diabetes memiliki nafas yang sangat bau, mirip dengan buah busuk.

Sirosis hati

Perubahan warna bisa terjadi pada mukosa bukal, biasanya berubah warna menjadi kekuningan atau kehijauan.

bezikus / Shutterstock

AIDS

Pada tahap awal, muncul luka di mulut seperti gusi yang meradang, kandidiasis (plak putih), plak vertikal putih atau garis di daerah lateral lidah, dan luka besar di selaput lendir internal seperti lidah, gusi, selaput amandel, dan bibir.

Jika dokter gigi mendiagnosis penyakit ini lebih awal, pasti akan lebih mudah mengobati dan menghilangkannya. Jadi jadwalkan janji Anda setiap bulan dengan dokter gigi Anda.

(intan/asr)

Sumber : perfecto.guru

Share

Video Popular