Erabaru.net. Sebanyak 25 mahasiswa berprestasi dari berbagai Universitas di Taiwan menampilkan kesenian seperti tarian, lagu daerah dan permainan alat musik tradisional di Sun City Luxury Club, Jakarta Barat, Rabu, (30/8/2017).

Mereka adalah Taiwan Youth Ambassadors yang akan mengunjungi Indonesia dari 28 Agustus-2 September 2017. Melalui kunjungan ini diharapkan bisa meningkatkan persfektif internasional generasi muda, serta mempromosikan kekuatan Taiwan dan mempererat hubungan dengan negara-negara yang dikunjungi.

Kepala Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) John Chen mengatakan  kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat komitimen persahabatan antara Indonesia dan Taiwan yang diperkenalkan melalui misi kebudayaan.

“Melalui misi budaya, saya ingin masyarakat Indonesia tahu betapa kayanya budaya Taiwan. Begitu juga sebaliknya, budaya Indonesia akan diperkenalkan oleh mereka ketika pulang nanti,” katanya.

 

Pada saat bersamaan, turut mengundang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk berpartisipasi dan merayakan pertukaran budaya dalam malam pertunjukkan.

Selain itu para delegasi akan berkunjung ke instansi pemerintah Indonesia serta akan berdiskusi dengan cendikiawan Islam dari Nahdhatul Ulama dan mahasiswa Universitas Bina Nusantara.

Sementara Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat Nahdhatul Ulama, Anggia Ermarini, mengatakan kegiatan yang digelar setiap tahun ini diharapkan menjadi salah satu ajang memperat pertukaran budaya para anak muda Taiwan dan Indonesia untuk mendapatkan inspirasi-inspirasi pengembangan mereka.

Lebih jauh lagi, kata Anggia, ketika melihat dunia luar maka akan banyak inspirasi dan ide tentang potensi masing-masing.

Apalagi kata Anggia, Taiwan memiliki banyak ide-ide brilian atau inovasi serta kreatif yang bisa dipelajari bahkan Taiwan terkenal dengan manajemen, pengembangan, kebudayaan dan agrikultur yang baik. Tentu hal demikian tak kalah luar biasa dengan yang dimiliki oleh potensi-potensi Indonesia.

“Ini suatu sarana kita, ini sebagai inspirasi bagi para generasi muda apapun di luar sana, kita jadikan inspirasi banyak belajar,” harapnya.

Delegasi Muda Taiwan ini bagian dari international Youth Ambassadors Exchange Program yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan merupakan rencana pemerintah Taiwan untuk membantu kaum muda berpartisipasi dalam urusan luar negeri dan promotor diplomasi publik.

Kepala TETO Indonesia, John Chen

Setiap tahun, Kemenlu Taiwan akan memilih mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas yang akan bertugas sebagai Duta Pemuda Internasional untuk mengunjungi berbagai negara memperkenalkan sudut pandang generasi muda Taiwan serta melatih mereka bergerak ke arah internasional.

Perwakilan Taiwan bersama dengan mahasiswa UMJ (erabaru.net)

Tahun ini para Youth Ambassadors menjadikan New Taiwan Generation, New Southbound Vision sebagai rencana poros untuk berkunjung ke Indonesia dan Filipina serta menunjukkan antusias dan persahabatan pemuda-pemudi Taiwan terhadap negara-negara di Asia Tenggara. (asr)

Share

Video Popular