Erabaru.net. Sampah adalah masalah terbesar di India, bahkan kita tahu bahwa ini adalah salah satu negara dengan polusi tertinggi di dunia. Jalan-jalan di Delhi, misalnya, dipenuhi dengan botol dan kantong plastik atau tumpukan sampah.

Tapi di Desa Mawlynnong, India, Anda akan menemukan hal yang sama sekali berbeda.

Orang-orang yang tinggal di sana tidak memiliki toleransi terhadap sampah dan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memastikan bahwa setiap sudut desa bebas dari sampah.

Mawlynnong dinobatkan sebagai desa terbersih di Asia sejak tahun 2003. Di sini, semua masyarakatnya, dari yang muda hingga yang tua, mendedikasikan hidup mereka untuk menjaga kebersihan kota kecil mereka ini.

Desa Mawlynnong dihuni sekitar 600 jiwa dan telah dijadikan sebagai destinasi wisata yang terkenal di India.

Dipercaya bahwa tradisi menjaga kebersihan desa ini sudah dimulai sejak 130 tahun yang lalu, ketika terjadi wabah kolera menyerang daerah ini, sehingga upaya pembersihan sangatlah penting untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

Dengan demikian, memelihara desa yang indah dan bebas polusi dan sumber penyakit, menjadi tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Setiap pagi, setiap anak laki-laki Mawlynnong menyapu jalan dengan membuang sampah dan daun-daun kering. Mereka juga bertanggung jawab untuk memisahkan sampah organik dan anorganik.

Daun kering yang dikumpulkan untuk membuat kompos, plastik didaur ulang dan sisanya dibakar di pinggiran desa.

Sebenarnya, para turis adalah orang-orang yang meninggalkan lebih banyak sampah daripada penduduk setempat, tapi penduduknya, bukannya mengeluh, justru masih mau memungutnya.

Mawlynnong adalah satu dari sedikit tempat di India dimana setiap rumah memiliki toilet sendiri.

Selain itu, mereka menggunakan energi Matahari dan memiliki kebun indah yang terus terawat.

(Foto : Northeasttourism)

Bukan hanya tempat umum saja yang sangat bersih, hal yang sama terjadi di dalam setiap rumah.

Pentingnya kebersihan bagi penduduk desa ini sangatlah dalam, sehingga bisa terlihat hingga di setiap sudut dan rumah yang mereka diami.

Jika kita semua mengikuti teladan masyarakat desa ini, dunia pasti akan berubah … dan menjadi lebih baik, bersih, dan sehat!(intan/yant)

Sumber: perfecto.guru

 

Share

Video Popular